Tips Memilih dan Membersihkan Handuk Bayi dengan Benar dan Tepat

Bayi memiliki semua perlengkapan khusus untuk menjaga kenyamanan dan kesehatannya. Salah satu diantaranya adalah handuk bayi yang digunakan untuk membersihkan dan mengeringkan tubuh bayi setelah selesai mandi. Handuk kecil namun lembut ini sebaiknya disediakan dalam jumlah yang lebih banyak sehingga bisa digunakan bergantian dan dibedakan untuk tujuan penggunaan yang berbeda. Bagi Anda yang belum membeli handuk untuk sang bayi dan berencana membelinya di waktu dekat, berikut ini adalah tips untuk memilih handuk mungil yang paling baik untuk bayi Anda.

Handuk untuk bayi memiliki tujuan penggunaan pada kulit bayi yang masih sensitif. Oleh karena itu sebisa mungkin Anda memilihkan handuk yang terbuat dari kain lembut sehingga tidak mengiritasi kulitnya ketika digunakan. Selai mengiritasi, handuk yang kasar juga bisa menyebabkan kulit bayi tergores dan menimbulkan luka atau memar. Untuk memastikan kelembutannya, sebaiknya hindari membeli handuk secara online karena Anda akan kesulitan untuk mengetahui bahan yang digunakan dan kualitasnya. Namun Anda bisa membeli handuk dengan merk terpercaya secara online karena biasanya memiliki standar kualitas yang sama asalkan produk yang dijual adalah produk asli merk tersebut.

Untuk membeli handuk pertama kali, ada beberapa jenis handuk yang sebaiknya Anda lengkapi untuk kebutuhan si bayi, yaitu:

  1. Handuk mandi dengan ukuran yang bisa digunakan sekaligus untuk selimut bayi saat akan membawanya dari ember bayi ke tempat ganti pakaian.
  2. Handuk bayi kecil untuk rambut bayi.
  3. Handuk untuk lap makan atau minum bayi.
  4. Handuk untuk sapu tangan bayi.

Untuk jumlahnya, sebaiknya membeli handuk mandi lebih banyak misalnya 3 atau 4 buah sehingga bisa dipakai bergantian ketika handuk yang lain sedang dibersihkan. Selain handuk mandi, untuk jumlah yang lebih banyak juga bisa Anda sediakan untuk jenis handuk sapu tangan atau handuk lap makan dan minum karena sering juga dibawa kemana-mana menemani bayi bepergian.

Karena handuk secara umum digunakan untuk menghilangkan air atau kotoran pada bayi, maka handuk akan gampang sekali terkena kotoran sebagai imbasnya. Karena itu sering-seringlah mencuci handuk agar tidak menjadi tempat berkumpulnya bibit penyakit. Untuk handuk mandi, setelah digunakan keringkan dengan cara menjemurnya. Cucilah tiap 2 atau 3 kali sehari untuk membersihkannya. Sedangkan untuk handuk makan, cucilah segera setelah digunakan karena mengandung bekas noda makan atau minum yang bisa menjadi noda membandel jika tidak langsung dibersihkan.

Gunakan handuk bayi setiap saat diperlukan untuk memberi kehangatan, membersihkan dan menemani bayi berjalan-jalan keluar rumah. Handuk juga bisa beralih fungsi menjadi popok bayi jika diperlukan dalam keadaan darurat misalnya ketika berjalan-jalan dan kehabisan popok ketika belum sempat membelinya lagi.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan