Tips Memilih Dot Bayi Berkualitas Tinggi

Dot bayi merupakan salah satu perlengkapan yang perlu disiapkan oleh setiap orang tua untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Karena pemakaiannya bersentuhan secara langsung dengan bayi, maka memilih dan membeli dot perlu dicermati. Pastikanlah dot yang Anda beli memiliki kualitas yang baik sehingga resiko kontaminasi bakteri, kuman dan hal-hal lainnya bisa dihindari. Berikut ini panduan yang bisa Anda ikuti untuk memilih dan membeli dot untuk bayi secara selektif, antara lain:

  • Perhatikan jenis bahan dot yang akan dibeli.

Secara garis besar, ada berbagai jenis bahan dot yang beredar di pasaran. Namun diantaranya terdapat 2 jenis bahan dot yang layak untuk dijadikan sebagai pilihan, yaitu dot berbahan silikon dan berbahan latex. Dot berbahan silikon memiliki tekstur yang kokoh dan tahan terhadap gigitan bayi, mudah dibersihkan dan juga tak berbau. Sementara itu, dot berbahan latex cenderung lebih lentur, lembut dan mudah robek dibandingkan bahan silikon. Namun keduanya cukup aman untuk diberikan pada si kecil sehingga Anda bisa memilih jenis bahan dot sesuai selera dan kenyamanan buah hati.

  • Kenali kandungan zat kimia pada dot dan botol bayi.

Keamanan dot yang Anda beli sangatlah penting demi menjamin kesehatan si kecil. Untuk itu, kenali dan periksalah kandungan bahan yang terdapat pada dot dan botol yang Anda beli. Pastikan dot dan botol bayi yang akan diberikan pada si kecil teruji aman dan bebas bahan kimia yang berbahaya dan memicu efek samping. Dot dan botol bayi juga harus food grade dan terdaftar secara resmi sehingga keamanannya terjamin.

  • Sesuaikan ukuran dan bentuk dot bayi berdasarkan umur si kecil.

Kebutuhan dot pada bayi perlu disesuaikan dengan usianya masing-masing. Mengapa? Karena ukuran dan bentuk dot yang perlu Anda beli untuk anak yang berusia di bawah 6 bulan berbeda dengan anak berusia 1 tahun dan seterusnya. Kemampuan memakai dot dan fase pertumbuhan menjadi salah satu hal yang membuat pemilihan ukuran dan bentuk dot perlu disesuaikan dengan usia anak. Dengan begitu, masa pertumbuhannya akan semakin optimal sesuai usia anak.

  • Perhatikan detail dot dengan baik.

Memperhatikan setiap detail dot secara selektif perlu dilakukan ketika memilih dan membeli dot untuk bayi. Pastikanlah dot dalam kondisi yang baik, tidak rusak, botolnya retak dan lain-lain. Pastikan juga dot memiliki lubang udara sehingga nafas bayi tidak akan terganggu ketika memakai dot yang Anda beli. Apabila hal ini diterapkan dengan baik, tentu saja keperluan si kecil bisa segera terpenuhi.

Baca Juga : Tips Memilih Popok Bayi Nyaman

  • Pilih desain dan warna dot yang menarik.

Daya tarik dot dari segi warna dan desainnya juga perlu diperhatikan pada saat membeli. Biasanya hal ini dilakukan agar si kecil merasa senang ketika menggunakan dot yang telah dibeli. Menyesuaikan desain dan warna dot bisa dilakukan berdasarkan selera si kecil. Namun pastikanlah desain dan warna dot tersebut dibuat menggunakan bahan yang aman dan terjamin, tidak mudah luntur atau mengandung bahan yang membahayakan si kecil.

Setelah memperoleh dot bayi yang berkualitas tinggi, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin agar dot senantiasa bersih dan tidak menjadi sarang bakteri atau sumber penyakit bagi buah hari. Bersihkanlah dot dan berbagai perlengkapan makan bayi menggunakan produk khusus yang aman untuk si kecil sehingga keamanan pemakaian peralatan tersebut selalu terjaga dengan baik.

Be Sociable, Share!
 Tips Memilih Dot Bayi Berkualitas Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *