Tips Memilih Dot Bayi

Mempunyai bayi yang lucu adalah idaman bagi anda semua orang tua. Sebab bayi adalah sebuah anugerah terindah dari Tuhan kepada para orang tua. Maka dari itu orang tua akan merawat dan menjaga serta memenuhi segala kebutuhannya termasuk salah satunya adalah dot. Dot bayi ini merupakan barang yang penting karena berfungsi sebagai tempat meletakkan air susu.

Ada beberapa jenis dot untuk bayi yang dapat Anda pilih. Bahan dasar dari pembuatan dot adalah kaca dan juga plastik. Berikut Tips memilih dot bayi:

  1. Dot yang terbuat dari kaca

Dot ini mudah dibersihkan karena terbuat dari kaca, namun mempunyai berat yang lumayan untuk bayi. Serta dot ini akan sangat berbahaya apabila pecah dan pecahannya masuk ke dalam air susu bayi Anda tanpa Anda sadari.

  1. Dot yang terbuat dari plastik

Dot plastik ini lebih aman karena lebih ringan dan tidak akan pecah. Namun karena terbuat dari plastik maka proses pencuciannya akan lebih lama dibandingkan dengan dot dari kaca.

Sebaiknya karena berat maka dot dari kaca ini dipakai pada saat bayi Anda sudah dapat memegang dot sendiri dengan tangannya. Sedangkan untuk dot dari plastik dapat dipakai bayi pada saat baru lahir. Namun pastikan bahwa plastik yang digunakan untuk dot adalah plastik yang aman yang ada lambang 2HDPE, 4LDPE atau juga 5PP.

Itu merupakan dua jenis dot bayi yang dapat Anda pilih. Namun dalam memilih dot juga harus hati-hati. Ada beberapa hal yang harus perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli dot untuk bayi Anda, yaitu:

  1. Baca petunjuk batas usia

Sebelum Anda membeli dot tersebut, pastikan Anda telah membaca petunjuk batas usia dari dot tersebut. Sehingga dot yang Anda beli akan sesuai dengan usia bayi Anda pada saat ini.

  1. Pilih yang empuk dan ukuran sesuai mulut bayi

Perhatikan juga puting dot yang akan Anda beli, pastikan puting tersebut empuk dan ukurannya sesuai atau pas dengan ukuran mulut dari bayi Anda.

Batasan usia ini sangat penting supaya Anda tahu kapan Anda harus mengganti dot untuk bayi Anda. Karena dengan memilih dot yang sesuai dengan usia bayi Anda, maka tentu saja bayi Anda akan merasa pas dan nyaman dengan dot yang biasa bayi Anda gunakan. Untuk memilih puting susu, Anda dapat memegangnya untuk dapat memastikan apakah putih tersebut sudah empuk.

Jadi sebaiknya dalam memilih atau membeli dot untuk bayi Anda, Anda juga memilih dan melakukan hal berikut ini pada dot yang akan Anda beli nantinya:

  1. Memilih botol yang mudah di cuci

Pilihlah botol yang luas sehingga mudah dijangkau bagian dalamnya dan mudah dibersihkan.

  1. Selalu menghangatkan botol dalam air panas

Pastikan sebelum dot tersebut di pakai bayi Anda, Anda harus menghangatkan terlebih dahulu dot tersebut.

Botol atau dot dengan permukaan dalam yang luas akan dapat dijangkau dengan mudah untuk sikat botol. Sehingga tentu saja proses pembersihan dan pencucian dari dot tersebut akan menjadi lebih sempurna dan lebih bersih. Selain itu apabila dot bayi direndam air hangat dulu sebelum dipakai, ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada pada dot tersebut sehingga pada saat dipakai atau digunakan sebagai tempat air susu, maka dot sudah dalam keadaan bersih dan steril.

Be Sociable, Share!
 Tips Memilih Dot Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *