Tips Memilih Mainan Anak Perempuan yang Sesuai dengan Usianya

Bagi seorang anak, bermain tidak hanya sekedar cara untuk mengisi waktu, akan tetapi sebagai ibu yang pintar dan bijak pun akan menjadikan seorang anak dapat melakukan aktifitas bermain sekaligus belajar. Dalam hal ini pun seorang ibu di haruskan untuk pandai perihal memilih mainan anak perempuan yang dapat menjadikan tumbuh dan kembangnya anak dapat terjaga dengan baik. Dengan begitu mainan yang diberikan pun dapat dijadikan sebagai sarana belajar dan bereksplorasi.

Banyak mainan bayi yang dijual diberbagai toko mainan yang mana Anda dapat memilih segala bentuk dan jenis mainan yang disukai anak Anda, namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua mainan anak yang dijual di toko mainan dapat terjamin keamanannya, oleh sebab itu, perlu Anda ketahui untuk mengintip sedikit tips yang bisa untuk Anda lakukan dalam hal memilih mainan untuk anak Anda sesuai dengan usia nya.

Adapun tips bermanfaat yang dapat Anda tekankan kepada anak mengenai perihal permainan, seperti yang ada di bawah ini:

  • Untuk bayi berusia 1 tahun.

Permainan yang dapat Anda berikan kepada bayi Anda hingga usia 1 tahun yaitu mainan yang dapat mengeluarkan lagu, hal ini akan merangsang panca indra sang bayi mengenai pendengaran, penglihatan dan juga gerakan tubuh. Anda pun juga bisa memberikan mainan yang bisa digigit dan aman, hal ini akan merangsang pertumbuhan gigi pada bayi.

  • Usia 1-3 tahun.

Anda dapat memberikan mainan berupa blok yang dapat disusun dan memiliki berbagai jenis warna dan bentuk. Permainan ini akan memberi rangsangan pada mata dan daya pikir motorik yang halus serta memperkuat otot.

  • Usia 3-5 tahun.

Pada usia 3-5 tahun, maka pemilihan mainan anak perempuan yang dapat untuk Anda berikan yaitu berupa alat-alat memasak. Agar sang anak memiliki daya imajinasi yang tinggi.

  • Di atas 5 tahun.

Pada usia ini anak dapat Anda berikan mainan berupa alat musik, teropong atau yang lainnya.

Selain dalam hal memperhatikan mainan anak yang tepat dan sesuai dengan usianya, Anda selaku orang tua yang bijak pun harus memperhatikan mengenai bahan, wujud serta warna pada mainan tersebut, hal ini penting, karena bisa saja mainan yang dimainkan oleh anak Anda memiliki resiko melukai sang anak. Dengan begitu jangan sampai Anda sembarang memilih.

Mainan anak perempuan yang dijual di berbagai toko termasuk pada toko mainan anak pun memiliki berbagai jenis dan macam yang bervariasi dengan bentuk yang unik serta lucu yang dengan wujud hampir sama dengan bentuk nyatanya. Akan tetapi tetap lah dampingi sang anak, hal ini dapat Anda lakukan untuk mengisi kebosanan anak sekaligus mengajak anak untuk belajar.

 Tips Memilih Mainan Anak Perempuan yang Sesuai dengan Usianya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *