Tips Memilih Pompa ASI yang Baik

Tips Memilih Pompa ASI yang Baik

Pompa ASI adalah solusi bagi wanita yang ingin menjaga ASI untuk buah hati. Berkat pompa ini, ibu pekerja yang menyusui tidak risau memikirkan seperti apa asupan ASI untuk si kecil. Buah hati mereka di rumah bisa secara terus menerus menyusu ASI perah meskipun sang ibu harus berada di luar rumah seharian. Hal yang sering menjadi dilema bagi para ibu pekerja adalah memilih pompa yang baik. Di pasaran sebenarnya ada beberapa pompa yang diperjual-belikan yakni manual dan elektrik.

Tips Memilih Pompa ASI yang Baik

Perbedaan Pompa Manual dan Elektrik

Setiap alat mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk pompa manual, pompa ini digerakkan oleh tangan. Pompa ASI ini memiliki ukuran lebih kecil serta mudah digunakan, pompa jenis ini juga mudah dibersihkan. Dari segi harga juga lebih murah dibandingkan dengan jenis elektrik. Tetapi, dibutuhkan cukup banyak tenaga saat pengoperasiannya, selain itu Anda juga harus meluangkan waktu yang tidak sebentar untuk ritme yang pas agar ASI keluar.

Untuk jenis pompa elektrik, pompa ini digerakkan oleh baterai atau listrik. Bila dibandingkan dengan pompa jenis manual, pompa ini mudah digunakan karena tak membutuhkan tenaga fisik serta lebih menghemat waktu. Namun, pompa jenis ini memiliki harga yang lebih mahal, dan berisik saat digunakan.

Tips Membeli Pompa ASI

Hindari meminjam atau meminjamkan pompa pada orang lain. Mengapa demikian? Di dalam ASI bisa terdapat bakteri serta virus. Bakteri ini dapat mengontaminasi pompa hingga akhirnya menginfeksi bayi dan Anda sendiri. Ada beberapa pertimbangan sebelum melakukan pembelian:

  • Kemudahan menggunakan pompa ASI. Anda bisa membaca aturan penggunaan beberapa merek serta jenis pompa untuk menentukan mana yang akan dibeli. Pertimbangkan cara penggunaan, cara mencuci dan memasang.
  • Dimana akan menggunakan pompa tersebut. Pompa manual serta elektrik bisa mudah dibawa kemana-mana dan dapat digunakan di ruangan sempit.
  • Ukuran payudara dan corong pompa pastikan corong pas dengan ukuran payudara Anda. Puting harus ada di tengah-tengah corong. Hal ini dimaksudkan agar puting tak bergesekan dengan corong sehingga melukai payudara.

Tips Menggunakan Pompa ASI

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat menggunakan pompa. Terlebih dahulu, baca petunjuk atau instruksi yang berada di kemasan. Sebelum penggunaan jangan lupa mencuci tangan menggunakan sabun selama beberapa detik, setelah itu bilas menggunakan air hangat serta keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu bersih. Bila Anda menggunakan krim atau balsam, sebelum mempompa, bersihkan payudara terlebih dahulu.

Baca juga tips dan trik nya agar asi yang di berikan kepada si bayi sehat. Simak selengkapnya di alatbayi.net

Bila sudah selesai mempompa, bersihkan dengan sabun tanpa deterjen, serta air hangat. Jangan lupa pisahkan bagian pompa sehingga bisa dibersihkan dengan menyeluruh. Bila terdapat sisa ASI di pompa, bersihkan seperti instruksi di kemasan, pastikan kembali pompa benar-benar kering sebelum menyatukannya kembali kemudian disimpan.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan