Tips Memilih Sepatu Bayi yang Tepat Agar Aman dan Nyaman untuk Si Kecil

Tips Memilih Sepatu Bayi yang Tepat Agar Aman dan Nyaman untuk Si Kecil

Memilih sepatu bayi tidak boleh asal pilih atau sembarangan. Selain berfungsi sebagai alas kaki yang akan melindungi dari berbagai benda tajam yang dapat melukai kaki, sepatu khusus bayi nantinya akan berpengaruh pada pertumbuhan kaki buah hati Anda. Ada banyak sekali jenis dan tipe sepatu khusus bayi yang telah dijual luas dipasaran, umumnya semua jenis sepatu ini memiliki desain yang lucu dan berbentuk unik agar bayi tidak mudah bosan saat memakainya. Akan tetapi, dalam memilih sepatu untuk buah hati tidak boleh Anda lakukan dengan sembarangan, Anda harus menyesuaikan dengan fungsi utamanya dan kebutuhan bayi Anda.

Tips Memilih Sepatu Bayi yang Tepat Agar Aman dan Nyaman untuk Si Kecil 

Untuk bayi, sepatu bukan hanya sekedar sebagai alas kaki, namun memiliki manfaat khusus yang mungkin selama ini belum banyak diketahui oleh para orang tua, seperti menyangga berat tubuh terutama pada bayi yang sedang belajar berjalan sehingga titik berat badan dapat bertumpu pada posisi yang benar. Oleh karena itu, Anda tidak boleh salah pilih dan harus mengetahui apa saja jenis sepatu untuk bayi yang paling benar, yaitu:

  • Untuk bayi yang sedang dalam tahap belajar merangkak, maka pilihlah jenis sepatu yang berpunggung tebal dan tidak memiliki tali sehingga dapat melindungi punggung kaki bayi Anda ketika bersentuhan dengan lantai.
  • Sedangkan untuk sepatu bayi yang dalam tahap merambat, maka pilihlah jenis sepatu yang bagian pinggirnya kokoh sehingga dapat melindungi bagian pinggir kaki buah hati Anda.
  • Dan untuk bayi yang sudah belajar berjalan, maka sepatu dengan material bagian tumit yang kuat dan kokoh adalah pilihan yang tepat karena dapat menyangga kaki dengan benar sehingga bayi akan nyaman saat melangkah.

Setelah mengetahui jenis sepatu untuk bayi sesuai dengan tahap usianya, berikut ini akan kita bahas tips dalam memilih sepatu yang tepat agar aman dan nyaman saat dikenakan oleh buah hati Anda, antara lain:

  1. Pilihlah ukuran sepatu yang pas dengan ukuran kaki buah hati Anda agar nyaman dan si kecil betah saat memakainya.
  2. Pastikan sepatu tersebut terbuat dari bahan yang lembut dan berkualitas baik sehingga aman untuk kaki buah hati Anda.
  3. Sebaiknya Anda juga memilih jenis sepatu untuk bayi yang memiliki bobot ringan agar bayi tidak merasa risih saat mengenakannya.
  4. Hindari jenis sepatu yang bertali karena dapat membuat bayi terjatuh.
  5. Anda juga harus memastikan bagian sol sepatu untuk bayi dan hindari bagian sol sepatu yang licin karena justru dapat membahayakan buah hati Anda.

Itulah tips memilih sepatu bayi yang tepat agar aman dan nyaman saat dikenakan. Sebagai orang tua, Anda harus mengutamakan kualitas terbaik untuk setiap perlengkapan bagi buah hati Anda, agar dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi yang umumnya masih memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan