Tips Memilih Susu Formula Berdasarkan Usia Bayi

Tips Memilih Susu Formula Berdasarkan Usia Bayi

Makanan dan produk bayi mulai keluar dan sebagai pengganti susu formula. Memilih formula untuk tahap bayi Anda tentunya haruslah disesuaikan dengan usia bayi Anda. Hal ini baik untuk terbiasa dengan tahapan formula yang berbeda dengan apa yang Anda lihat di sekitar supermarket. Biasanya mereka diberi nomor 1, 2 atau 3 untuk membuat sedikit lebih mudah bagi Anda. Angka 1 biasanya cocok bayi sejak lahir, formula dengan angka 2 cocok dari enam bulan dan minuman susu balita yang cocok dari 12 bulan biasanya memiliki angka 3.

Tips Memilih Susu Formula Berdasarkan Usia Bayi 

Berikut ini cara memilih susu formula bayi sesuai dengan usianya, yaitu:

  • Formula bayi sejak lahir.

Sebagian besar formula bayi yang tersedia berdasarkan pada susu sapi yang telah dimodifikasi secara signifikan untuk membuatnya cocok untuk bayi. Susu formula bayi kadang-kadang disebut sebagai pengganti ASI. Susu formula bayi yang cocok sejak lahir biasanya adalah susu sapi, namun setiap bayi memiliki kecocokan yang berbeda, sehingga pastikan bahwa bayi Anda tidak alergi terhadap susu sapi.

  • Formula lanjutan untuk bayi yang lebih tua dari 6 bulan.

Untuk usia bayi 6 bulan atau lebih tua disebut formula lanjutan. Formula lanjutan juga dapat mengandung berbagai tingkat nutrisi dibandingkan dengan formula bayi, sehingga tidak cocok untuk bayi yang lebih muda dari 6 bulan. Pastikan bayi Anda 6 bulan ke depan, karena mereka akan membutuhkan nutrisi tambahan dari makanan. Ingat, jika bayi Anda cocok dengan formula bayi, Anda tidak perlu mengubah untuk mengikuti pada 6 bulan, akan tetapi Anda dapat terus menggunakan formula bayi hingga 12 bulan.

  • Minuman susu balita dari 12 bulan.

Dari 12 bulan ke depan, bayi Anda menjadi balita, mereka akan menjadi lebih sibuk, aktif, dan membutuhkan energi dan nutrisi ekstra untuk tumbuh dan bermain. Susu sapi sekarang bisa menjadi minuman susu utama balita Anda, dan sekitar 2-3 cangkir sehari (500 ml) cukup untuk sebagian besar balita. Namun balita membutuhkan banyak makanan kaya zat besi dalam makanan mereka untuk pertumbuhan, pembelajaran, dan perkembangan yang sehat. Beberapa anak kecil berjuang untuk mendapatkan cukup zat besi terutama jika mereka pemilih makanan, tidak suka makan daging, atau memiliki selera makan yang kecil. 

Susu formula, juga dikenal sebagai formula bayi, biasanya terbuat dari susu sapi yang telah dirawat untuk membuatnya lebih cocok untuk bayi. Ada berbagai macam merek dan tipe formula yang berbeda di toko-toko. Selalu periksa label dengan hati-hati untuk memastikan Anda membeli susu yang cocok untuk bayi Anda dan sesuai dengan usia bayi Anda. Formula hadir dalam dua bentuk berbeda ada bubuk kering yang bisa Anda buat dengan air dan formula cairan siap saji.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan