Tips Mempersiapkan Bayi Cerdas Sejak Masih Dalam Kandungan

Masa kehidupan bayi sebenarnya dimulai sejak masih berada dalam kandungan. Artinya, untuk mempersiapkan bayi di masa depan sudah harus dilakukan sejak dini. Pakar perkembangan anak percaya jika apa yang dilakukan Ibu sejak bayi dalam kandungan akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan bayi hingga lahir dan dewasa nantinya. Jika Anda ingin anak Anda cerdas, maka perlu dipersiapkan sejak dini. Berikut ini tips mempersiapkan bayi cerdas sejak masih dalam kandungan.

Penuhi Nutrisi

Saat masih dalam kandungan adalah salah satu masa emas pertumbuhan bayi. Kebutuhan nutrisi bayi dalam kandungan dipenuhi dari ibu. Karena itu, penting bagi ibu yang tengah hamil untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Ibu harus tahu jenis makanan apa saja serta kandungan gizi apa saja yang dibutuhkan oleh bayi. Selain kebutuhan nutrisi yang cukup, menghindari makanan mengandung zat-zat tambahan seperti perasa, pengawet serta makanan instan juga harus dilakukan. Pilihkan jenis makanan yang segar serta usahakan sealami mungkin.


Jaga Kebugaran

Hamil bukan berarti tidak bergerak atau berolahraga sama sekali. Anda bisa berkonsultasi pada dokter atau ahli kesehatan tentang kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk tetap bugar dan fit.

Jalan-jalan setengah jam setiap hari atau kurang dari itu masih lebih baik daripada tidak sama sekali. Selain jalan kaki, berenang juga banyak dianjurkan karena air ikut menopang berat badan ibu hamil yang bertambah.

Jika Anda berminat dengan senam, Anda bisa mencari instruktur senam khusus hamil. Latihan yang dilakukan akan lebih aman dan bisa membantu untuk memperlancar dalam persalinan nantinya. Yang perlu diperhatikan benar adalah hindari jenis olahraga yang dapat mengakibatkan cedera seperti bersepeda, diving, bela diri, bungy jumping, berkuda, atau main ski.

Tubuh yang bugar dan fit semasa hamil dapat membantu keluhan seperti susah makan atau susah tidur. Selain itu, perkembangan janin pun akan baik.

Musik untuk Bayi

Apa yang dilakukan ibu biasanya akan berpengaruh pada bayi yang ada dalam kandungan. Penelitan sudah banyak menyebutkan jika memperdengarkan musik klasik pada bayi dalam kandungan bisa merangsang perkembangan otaknya.

Menikmati Sinar Matahari

Sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik di alam. Vitamin D sendiri berperan banyak dalam pengaturan kadar kalsium dan fosfor serta pembentukan tulang. Penelitian menyebutkan jika kekurangan vitamin D selama masa kehamilan dapat berefek pada terhambatnya perkembangan otak janin serta memengaruhi perkembangan mental dan kemampuan psikomotoriknya.

Anda tidak perlu menghabiskan seharian di bawah sinar matahari. Cukup setiap pagi selama 10 hingga 15 menit saja untuk memperoleh manfaat sinar matahari yang begitu banyak itu.

Demikian tadi sejumlah tips mudah untuk mempersiapkan bayi cerdas sejak masih dalam kandungan.

 Tips Mempersiapkan Bayi Cerdas Sejak Masih Dalam Kandungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *