Tips Mengatasi Gigitan Bayi Ketika Menyusui

Ketika bayi mulai tumbuh gigi, salah satu kekhwatiran terbesar bagi ibu yang sedang menyusui adalah putingnya sering tergigit oleh bayi ketika sedang menyusui. Tidak jarang, gigitan tersebut membuat puting si ibu terluka bahkan terasa perih selama berhari-hari. Menggigit puting susu ketika bayi sedang menetek sebenarnya merupakan hal yang wajar, sebab gusi bayi yang mulai tumbuh gigi akan terasa gatal ketika sedang menyusu atau menghisap payudara. Imbasnya, si bayi akan menggingit puting susu ibunya untuk mengurangi rasa gatal pada gusinya tersebut. Jika sudah demikian, si ibu akan merasa kesakitan, dan tidak jarang si ibu akan langsung panik dan berteriak, sehingga mengagetkan si bayi dan si bayi tidak lagi nyaman ketika menyusu. Untuk menghadapi gigitan bayi tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh si ibu, yang akan dibahas di bawah ini.

  • Jangan Kaget dan Tetap Tenang

Jika si ibu yang sedang menyusui terkena gigitan bayi, usahakan untuk tetap tenang, jangan langsung panik apalagi berteriak. Tahanlah sejenak rasa sakit tersebut, sebab jika si ibu langsung kaget dan berteriak, hal itu akan berpengaruh pada si bayi, sehingga si bayi yang sedang menggingit puting tersebut justru akan menguatkan gigitannya karena terkejut akan kepanikan dan teriakan si ibu. Imbasnya, si ibu akan merasa semakin kesakitan.

  • Menepuk-nepuk Punggung Bayi

Salah satu langkah pertama untuk mengatasi gigitan pada puting susu ibu ketika sedang menyusui adalah dengan menepuk-nepuk punggung bayi. Dengan menepuk punggung si bayi, biasanya bayi akan merasa lebih nyaman, sehingga akan melonggarkan gigitannya. Selain itu, ketika punggung bayi ditepuk-tepuk, biasanya mereka akan mengubah fokus dan letak gigitan atau sedotannya pada puting susu ibu, sehingga si ibu dapat mengatur lagi posisinya dalam menyusui si bayi.

Baca Juga: Tips Memilih Dot Bayi Berkualitas Tinggi

  • Memberikan Pelukan atau Ciuman pada Bayi

Jika si bayi masih belum melepas gigitannya, usakahan untuk memeluk si bayi atau menciumnya. Selain bisa membuatnya lebih tenang, bayi biasanya akan cenderung melonggarkan gigitan atau emutannya. Jika ciuaman dilakukan berulang-ulang, si bayi bahkan dapat melepaskan puting payudara ibunya.

  • Sisipkan Jari Tangan

Jika si ibu benar-benar merasa kesakitan, cara tercepat untuk melepaskan gigitan bayi pada puting payudara adalah dengan menyisipkan jari tangan ke bibir atau mulut bayi, misalnya dengan memasukkan jari kelingking ke samping mulut bayi, sehingga secara naluriah bayi akan melepaskan gigitannya dan beralih ke jari kelingking tersebut. Namun sebelum memasukkan jari ke mulut atau bibir bayi, pastikan bahwa jari ibu dalam keadaan bersih dan steril.

Itulah beberapa cara mengatasi gigitan bayi ketika ibu sedang menyusui. Pengalihan gigitan tersebut juga bisa dilakukan dengan cara membunyikan mainan kerincing/ lonceng sehingga sejenak dapat mengalihkan perhatian si bayi, sehingga gigitannya dapat terlepas.

 

Be Sociable, Share!
 Tips Mengatasi Gigitan Bayi Ketika Menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *