Tips Mengatasi Keluhan Saat Masa Kehamilan

Banyak ibu hamil yang merasakan  berbagai macam keluhan yang umumnya terjadi pada masa kehamilan. Mengetahui apa saja yang bisanya menjadi keluhan saat hamil merupakan pengetahuan yang harus ibu hamil ketahui, dengan harapan jadi mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Morning Sickness

Morning sickness umumnya terjadi pada awal masa kehamilan atau trimester pertama. Gejala mornig sickness antara lain: pusing, mual dan muntah. Biasanya terjadi pada waktu pagi hari. Gangguan tersebut disebabkan karena perubahan hormon. Selain itu kadang ada ibu hamil yang sensitif terhadap bau atau aroma tertentu.

Gejala morning sickness dianggap hal yang wajar, karena akan hilang dengan sendirinya. Namun jika memasuki trimester kedua mual dan muntah tidak kunjung sembuh sebaiknya periksakan ke dokter kandungan atau bidan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kekurangan gizi yang mempengaruhi kesehatan janin.

Walaupun sifatnya tempoler, sembuh dengan sendirinya namun jika didiamkan bisa menyebabkan kondisi tubuh yang tidak nyaman. Berikut ini akan kami informasikan bagaimana cara mengatasi morning sickness:

Baca Juga:Diet Ibu Hamil yang Tepat dan Sehat

  • Jangan makan dalam jumlah yang banyak. Anda bisa makan sedikit makanan namun sering. Mengapa demikian? Karena makan dengan porsi banyak bisa menambah rasa mual.
  • Usahakan makan dalam kondisi perut enak. Atur menu makan dengan jenis-jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil.
  • Makan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.
  • Hindari makan makanan yang beraroma terlalu menyengat karena bisa membuat mual dan muntah.
  • Untuk mengurangi rasa mual, bisa dengan minum teh hangat.
  • Perbanyak minum air putih, jus buah atau susu rendah lemak. Minuman tersebut bisa mengganti cairan yang keluar terbawa oleh muntahan. Minum air putih minimal 8 gelas sehari, untuk mencegah tubuh terkena dehidrasi.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6, seperti: alpokat, pisang, sereal dan beras.

Keputihan

Masalah yang dialami ibu hamil yang kedua adalah keputihan. Keputihan adalah cairan putih bening yang keluar dari vagina. Keputihan bisa mengganggu aktivitas ibu selama masa kehamilan. Agar terhindar dari keputihan jaga kebersihan dan kelembaban sekitar vagina, ganti celana dalam secara teratur dan gunakan bahan celana yang mudah menyerap keringat.

Sembelit

Gangguan lain yang biasa terjadi pada waktu hamil adalah sembelit. Sembelit terjadi akibat hormone progesteron meningkat. Akibatnya otot-otot rahim menjadi kendur dan mengendurnya otot usus sehingga menyebabkan susah BAB atau sembelit. Namun sembelit pada wanita hamil memberikan keuntungan seperti penyerapan nutrisi yang lebih baik. Walaupun demikian sembelit tidak boleh didiamkan terlalu lama karena bisa menyebabkan ambeien atau wasir.

Untuk mencegah sembelit, selama masa kehamilan disarankan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak serat.

Be Sociable, Share!
 Tips Mengatasi Keluhan Saat Masa Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *