Tips Mengganti Asi ke Susu Bayi Formula Secara Aman dan Mudah

Susu menjadi produk makanan utama bagi bayi yang baru lahir hingga menginjak usia 3 tahun. Namun diutamakan bagi orang tua untuk memberikan asi pada mereka dibandingkan dengan susu formula yang banyak dijual di pasaran. Karena pada faktanya kandungan susu bayi yang dijual memang tak selengkap asi. Hanya saja ada kalanya dimana bayi sudah tumbuh gigi, sehingga para bunda juga sudah jarang memberikan mereka asi secara langsung lagi. Idealnya memang pemberian asi hanya sampai 6 bulan atau 1 tahun saja, di atas usia tersebut dianjurkan untuk segera menggantinya.

Apalagi bagi para ibu yang juga merangkap sebagai wanita karir, tak jarang diantaranya yang harus bekerja sehingga tak bisa selalu memberikan si kecil asi eksklusif. Untuk menyiasati hal ini maka mau tak mau harus diimbangi dengan susu formula, produk susu yang banyak dijual di pasaran, jenisnya sangat banyak mulai dari susu sapi, susu soya hingga susu anak alergi, pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Dalam masa peralihan atau mengganti dari asi ke susu bayi ini memang gampang-gampang sulit, karena terkadang si kecil akan sangat rewel karena tidak mendapatkan asi langsung. Untuk itulah ada beberapa tips bagi para orang tua dalam menyapihnya, yaitu:

 Baca juga beberapa susu formula yang baik untuk perkembangan si bayi. Lihat selengkapnya di alatbayi.net

  1. Mulailah dengan selang-seling, yaitu jangan langsung memberhentikan pemberian asi untuk si kecil dan menggantinya dengan susu formula, melainkan lakukan secara bertahap, yaitu misalnya di pagi hari diberikan asi, siang bisa diganti dengan asi, begitu juga selanjutnya. Semakin lama intensitas pemberian susu formula ini ditingkatkan, sedangkan untuk asi bisa mulai dikurangi.
  2. Kenalkan mereka dengan dot, dot adalah sebuah alat yang dipakai untuk minum susu pada bayi, umumnya memiliki bentuk seperti halnya putting susu ibu, semakin dini dikenalkan dengan alat yang satu ini maka kina mudah dalam menyapihnya.
  3. Ketika bayi tak bisa terlepas dari asi eksklusif, maka cara yang bisa digunakan dan cukup ekstrim adalah dengan memberikan bahan perca pahit di area sekitar putting susu, namun pastikan bahan tersebut tetap aman bagi mereka, lama-kelamaan nantinya si kecil tak akan mau minum asi eksklusif lagi dan Anda dapat menggantinya menggunakan produk susu formula di dalam dot.

Penting untuk diketahui bahwa meskipun asi ini bagus untuk perkembangan mereka, namun ada masa dimana si kecil juga harus berhenti minum asi eksklusif dan menggantinya dengan produk susu bayi, karena kebutuhan nutrisi yang sudah jauh lebih tinggi, asi saja tak lagi cukup, harus di suplay dengan susu formula yang banyak dijual di pasaran, diimbangi juga makanan padat khusus untuk mereka.

 

Be Sociable, Share!
 Tips Mengganti Asi ke Susu Bayi Formula Secara Aman dan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *