Tips Menghilangkan Trauma Melahirkan Secara Normal

Seorang wanita akan ditakdirkan untuk hamil dan melahirkan. Dengan begitu dikatakan sebagai wanita yang sempurna apabila seorang wanita sudah melahirkan seorang anak. Tidak dipungkiri bahwa melahirkan memang tidak akan terhindar dari rasa sakit. Dengan begitu banyak para wanita yang trauma melahirkan yang menjadikan sang ibu takut untuk hamil anak yang ke dua. Sedangkan rasa sakit tersebut disebabkan karena beberapa faktor.

Banyak para ibu yang merasa takut untuk melahirkan anak kedua dikarenakan proses persalinan yang mana rasa sakit tidak akan dapat dihindarkan. Namun bagi Anda yang ingin memiliki anak kedua akan tetapi masih dibayang-bayangi rasa sakit yang akan Anda rasakan nantinya, maka tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips di bawah ini yang dapat membantu Anda dalam hal mengatasi trauma pada saat melahirkan yang masih mencekam di pikiran Anda.

Trauma melahirkan dapat terjadi karena adanya beberapa faktor, yaitu seperti:

  1. Takut perihal melakukan hubungan seks.
  2. Takut karena rasa sakit.
  3. Mendapat pelayanan yang buruk dari pihak rumah sakit.
  4. Karena adanya proses persalinan yang lama.
  5. Bayi membutuhkan perawatan yang intensif setelah lahir.
  6. Trauma jika terjadi lilitan tali pasar yang dapat mencekik bayi.
  7. Takut terjadinya komplikasi yang menyebabkan harus sesar.
  8. Takut vagina robek dan harus dijahit.
  9. Trauma karena harus dipacu.
  10. Takut karena adanya rasa nyeri ketika persalinan.

Dalam hal trauma memang tidak dapat dihindarkan apabila kelima penyebab yang ada di atas dialami oleh sang ibu yang melahirkan. Akan tetapi bagi Anda yang masih ingin memiliki anak, namun masih terganggu oleh ketakutan yang pernah Anda alami atas persalinan anak Anda yang pertama, maka ada hal yang dapat untuk Anda lakukan pada saat Anda hamil agar persalinan dapat berjalan dengan lancar tanpa rasa sakit, yaitu seperti berikut ini:

  1. Mengkonsumsi minyak zaitun pada setiap harinya untuk memperlancar persalinan.
  2. Mengkonsumsi madu untuk memperkuat fisik ketika melahirkan.
  3. Berusahalah untuk selalu menikmati masa kehamilan Anda.
  4. Perbanyak beribadah dan berdoa agar diberi kemudahan dalam hal proses persalinan.

 Memang pada kenyataannya rasa sakit pada saat melahirkan memang tidak dapat hilangkan, karena semua orang yang akan melahirkan tentu akan merasakan rasa sakit, dan rasa sakit itulah yang menjadi penyebab utama trauma melahirkan bagi sang ibu. Banyak para ibu yang mencukupkan memiliki satu anak karena adanya rasa takut pada saat melahirkan. Sehingga banyak pula para ibu yang setelah melahirkan langsung melakukan KB hal ini dilakukan untuk menghindari proses persalinan yang menyakitkan yang membuat para ibu takut untuk melakukan persalinan yang kedua.

 

 Tips Menghilangkan Trauma Melahirkan Secara Normal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *