Tips Menjaga Kesehatan BayiAgar Tidak Mudah Terkena Serangan Penyakit

Menjaga kesehatan bayi merupakan prioritas utama yang harus dilakukan oleh orang tua. Bayi yang sehat akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapanpun dan dimanapun, apalagi kondisi bayi masih sangat rentan. Walaupun terlihat merepotkan, merawat bayi merupakan hal yang sangat berharga, menyenangkan dan menjadi kebanggaan kelak.

Berikut ini tips menjaga kesehatan bayi agar terhindar dari penyakit yang bisa Anda coba lakukan.

Jemur Bayi Pada Waktu Pagi Hari

Menjemur bayi pada waktu pagi hari di bawah sinar matahari langsung sangat penting dilakukan. Sinar matahari merupakan cara alami untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya sehingga buah hati tidak mudah terserang penyakit. Selain itu sinar matahari membantu pertumbuhan tulangnya menjadi lebih kuat dan sehat. Menjemur bayi cukup 10-15 menit saja, waktu yang tepat adalah sebelum pukul delapan pagi.

Jangan Biasakan Menggunakan Botol Susu

Memberikan bayi susu menggunakan botol memang bisa meringankan tugas. Saat bayi menyusui di botol, Anda bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. Namun, perlu diketahui, ternyata terlalu sering memberikan bayi susu menggunakan botol bisa menghambat perkembangannya.

Susu dari botol bisa membuat susu mengendap di gusinya, selain itu, bisa membuat bayi lebih mudah terkena infeksi telinga. Hal ini dikarenakan susu yang diminum bisa masuk ke saluran eustachius yaitu saluran penghubung tenggorokan belakang dengan telingan bagian belakang. Apabila akan memberikan bayi susu menggunakan botol sebaiknya angkat sedikit kepalanya, setelah selesai tidurkan tnpa botol susu.

Baca Juga: Macam-macam Obat Herbal Bayi untuk Masalah Kesehatan yang Sering Dialami

Hindari Mandi Air Dingin

Ada anggapan di masyarakat yang menjadi mitos dengan memandikan bayi air dingin bisa membuat tubuhnya kuat, hal ini tidaklah benar. Karena jika dimandikan dengan air dingin bisa membuat metabolismenya meningkat sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh cepat habis karena digunakan untuk mengatur suhu tubuh. Artinya, bayi lebih cepat kehabisan tenaga sehingga lebih mudah sakit. Oleh karena itu sebaiknya mandikan bayi menggunakan air hangat, tapi jangan terlalu lama. Jika sudah selesai usahakan suhu tubuhnya tetap hangat.

Berikan Makanan Yang Bernutrisi Dan Bervitamin

Makanan merupakan poin penting yang mempengaruhi kesehatan buah hati Anda, jadi berilah ia makanan yang bernutrisi sesuai dengan kebutuhannya. Jika bayi susah makan, bisa memberinya vitamin tambahan. Beri vitamin sesuai kebutuhannya, bisa dari buah-buahan ataupun sayuran.

Menggendong Bayi

Merupakan kebahagiaan dan membanggakan bisa menggendong buah hati sendiri. Menggendong bisa membuat bayi terasa lebih aman dan nyaman. Namun ternyata menggendong bayi tidak terlalu sering, apalagijika usianya semakinbesar dan ia semakin berat. Karena bayi yang terlalu sering digendong menjadi malas belajar berjalan dan tidak baik melatih emosinya.

Apabila otot lehernya sudah kuat untuk mengangkat kepalanya sendiri, Anda bisa memberinya variasi gendongan seperti: mengangkatnya tinggi-tinggi, mengayun-ayun dan gerakan lainnya.

Demikian informasi mengenai tips untuk menjaga kesehatan bayi. Masih banyak tips lainnya agar bayi tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit.

Be Sociable, Share!
 Tips Menjaga Kesehatan BayiAgar Tidak Mudah Terkena Serangan Penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *