Tips Menjalani Masa Kehamilan dengan Sehat dan Menyenangkan

Kehamilan adalah anugerah paling indah bagi pasangan baru. Akan tetapi, bagi ibu yang sedang menjalani kehamilan seringkali harus menghadapi beragam kondisi tubuh yang membuat ibu merasa tidak nyaman, seperti perubahan mood, mudah lelah, sakit pinggang, sakit punggung dan beragam  kondisi tubuh lainnya. Adanya keluhan-keluhan pada masa kehamilan ini tentunya membuat ibu tidak bisa menikmati kehamilan dengan menyenangkan dan bahagia. Padahal, kondisi psikologi ibu ini sangat berpengaruh terhadap kondisi janin. Oleh karena itu, ibu harus selalu merasa bahagia saat menjalani kehamilan.  Lalu bagaimana caranya untuk menjalani kehamilan dengan sehat dan menyenangkan? Berikut ini caranya:

Lakukan Hobi dan Aktifitas Menyenangkan

Ibu yang sedang hamil perlu melakukan hobi yang disukai atau melakukan aktifitas-aktifitas yang menyenangkan, dengan catatan aktifitas tersebut tidak berat serta tidak membahayakan kondisi janin. Ibu bisa melakukan hobi berupa membaca, menulis, memasak, atau mendengarkan musik. Tak ada salahnya juga untuk mengajak suami melakukan hobi dan aktifitas menyenangkan, misalnya seperti menonton DVD bersama, Atau bisa juga ibu melakukan relaksasi dengan perawatan tubuh dan rambut di salon. Dengan menekuni hobi dan aktifitas yang menyenangkan, akan merangsang timbulnya hormon endorfin yang bisa meningkatkan rasa bahagia ibu.

Selalu Berfikir Positif

Untuk menjalani masa kehamilan yang menyenangkan, ibu harus selalu berpikiran positif dan membuang jauh pikiran-pikiran negatif, baik itu pikiran negatif yang sumbernya datang dari dalam diri sendiri atau pikiran negatif yang sumbernya berasal dari orang lain. Jauhi pengalaman-pengalaman buruk tentang kehamilan dan persalinan dari keluarga serta sahabat. Tetap berfikir positif, tak perlu cemas dan khawatir, maka kehamilan akan terasa menyenangkan.

Baca Juga : Tetap Produktif Selama Masa Kehamilan

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangatlah dibutuhkan oleh ibu hamil, kurangnya istirahat selain menimbulkan ibu hamil merasa lemas dan kelelahan juga bisa membuat ibu mudah stres dan emosi. Oleh karena itu, ibu hamil harus istirahat dengan cukup agar mampu menjalani kehamilan dengan sehat dan membahagiakan.

Makan Makanan yang Sehat

Keluhan selama kehamilan salah satunya dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Apabila tubuh sehat, tentunya juga akan membuat perasaan ibu lebih bahagia.  

Melakukan Interaksi dengan janin

Salah satu hal menyenangkan yang bisa dilakukan saat hamil adalah berinteraksi dengan janin. Sejak usia 4 bulan, janin dalam perut sudah bisa merespon interaksi dari luar. Oleh karena itu, ibu bisa mulai mengajak janin berinteraksi, seperti mengelus perut sambil mengajak berbicara, mendengarkan musik pada janin, serta membacakan buku-buku cerita untuk janin. Dan yang lebih menyenangkan lagi adalah ketika janin memberikan respon dengan tendangan atau gerakan halus dari dalam perut, ibu tentunya akan merasakan kebahagiaan ketika janin memberikan respon tersebut.

Itulah hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan ibu hamil dalam menjalani masa kehamilan. Ibu harus bisa menikmati kehamilan, karena masa-masa tersebut sangatlah membahagiakan dan tak boleh dilewatkan begitu saja.  

Be Sociable, Share!
 Tips Menjalani Masa Kehamilan dengan Sehat dan Menyenangkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *