Tips Merawat Payudara Ibu Menyusui

Ibu menyusui perlu melakukan perawatan puting payudara agar pemberian ASI menjadi optimal. Dengan merawat payudara, produksi ASI untuk Si Kecil akan menjadi lancar sehingga kebutuhannya dapat terpenuhi dengan sempurna.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk merawat payudara ibu menyusui agar ibu dan dan bayi selalu nyaman selama masa menyusui.

  1. Bersihkan puting payudara

Puting merupakan bagian utama payudara ibu menyusui yang harus dirawat secara rutin selama masa menyusui. Bagian ini menjadi pintu bagi Si Kecil untuk memperoleh makanan dari ibunya. Oleh karena itu, puting payudara harus dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Cara yang tepat untuk membersihkan puting payudara ibu menyusui adalah dengan menggunakan air hangat dan tanpa menggunakan sabun. Kulit pada area puting sangat lembut. Bila terkena sabun, kulit ini akan kering dan mudah mengelupas, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri saat menyusui.

  1. Merawat puting yang lecet

Puting payudara ibu menyusui yang baru pertama kali memiliki bayi biasanya lecet karena belum tahu cara menyusui yang benar. Bila Anda mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir harus berobat ke mana. Anda juga tidak perlu menggunakan lotion atau krim khusus untuk mengobatinya. ASI sendiri merupakan penyembuh luka pada puting akibat menyusui. Anda hanya perlu mengoleskan beberapa tetes ASI ke bagian puting yang lecet, lalu diamkan sebentar hingga mengering. Sambil menunggu lecet tersebut sembuh, Anda bisa memberikan payudara yang satu lagi kepada Si Kecil.

Agar puting tidak kembali lecet, Anda harus mempelajari posisi menyusui yang tepat. Selain itu, Anda sebaiknya menyusui bayi sebelum dia lapar agar hisapannya tidak mengakibatkan luka karena  terlampau kuat.

  1. Beri pijatan

Berikan pijatan lembut pada puting payudara dan daerah sekitarnya dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari. Ini akan menambah kelenturan dan kelembapan payudara, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Anda bisa menggunakan baby oil, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Setelah selesai, jangan dulu dibersihkan. Bersihkanlah dengan air hangat saat akan menyusui.

Jika Anda khawatir minyak-minyak tersebut akan masuk ke dalam puting, Anda bisa melakukan pemijatan tanpa menggunakannya. Namun, pemijatan sebaiknya dilakukan tanpa mengurut agar kulit terhindar dari lecet.

  1. Konsumsi makanan sehat dan berserat tinggi

Kualitas ASI sangat ditentukan oleh asupan makanan ibu menyusui. Anda sebaiknya mengonsumsi sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan agar produksi ASI menjadi lancar. Perhatikan juga keseimbangan nutrisi, bukan besarnya porsi. Konsumsi air putih juga sama pentingnya dalam memperlancar produksi ASI.

Bagaimana? Merawat payudara sendiri dengan cara ini tidak sulit, bukan? Asalkan dilakukan secara rutin, payudara ibu menyusui pasti akan lebih terjaga kebersihannya dan dapat lebih optimal dalam pemberian ASI.

 Tips Merawat Payudara Ibu Menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *