Tips Mpasi dengan Berbagai Jenis Buah

Pada masa mpasi atau memperkenalkan makanan pendamping asi salah satu jenis makanan yang sangat baik adalah buah. Buah memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi Anda. Namun memilih buah tentu saja harus disesuaikan dengan usia bayi. Anda dapat memberikan buah pada usia enam bulan keatas. Hal ini karena pada usia enam bulan sistem pencernaan bayi telah sempurna. Dalam tahap penyempurnaan ada baiknya memilih jenis buah yang memiliki tekstur yang lembut. Selain itu jenis buah juga harus dengan mudah untuk dihaluskan dan memiliki rasa yang manis. Pada saat pemberian buah jangan lupa untuk mengamati dalam waktu satu minggu. Apakah anak mengalami mules atau kesulitan BAB. Apabila tidak maka sistem pencernaan sudah berkembang dengan sempurnya. Untuk menyempurnakan informasi ada baiknya menggunakan tips mpasi dengan berbagai jenis buah yang disarankan:

  • Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Beberapa kandungan nutrisi yang ada didalam buah pisang yaitu fosfor, kalium, asam folat, vitamin A. Sehingga sangat bermanfaat untuk tahap mpasi yang sedang dialami. Anda bisa memberikan buah pisang ini dengan mengeruknya menggunakan sendok dan juga mencampurkan dalam bubur ketika menyuapi si kecil.

Baca Juga : Tips memilih popok bayi yang nyaman

  • Jeruk

Buah yang sangat digemari anak adalah jeruk. Namun disarankan memilih jeruk yang manis untuk diberikan kepada anak yang sedang mpasi. Dengan jeruk yang manis tentu saja akan lebih disukai dan tidak menimbulkan masalah pada sistem pencernaannya. Buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Beberapa diantaranya yaitu kalsium, kalium, vitamin A, vitamin C, serat dan asam folat.

  • Tomat

Untuk memaksimalkan tips mpasi yang dialami ada baiknya memberikan buah tomat yang manis dan berwarna merah. Anda bisa memberikan dengan memblender atau pun mencampurkan ke dalam buburnya. Dengan demikian anak akan mendapatkan berbagai kandungan gizi bermanfaat untuk tubuhnya. Beberapa kandungan gizi yang bermanfaat antara lain yaitu kalsium, natrium, magnesium, asam folat, vitamin A, protein dan serat.

  • Pir

Anda bisa memberikan buah pir untuk anak yang sedang membutuhkan mpasi. Dengan cara pengolahan berupa dikukus hingga lunak. Selain itu cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memblendernya hingga lunak dan berikan airnya saja. Disarankan untuk tidak dicampurkan dengan gula. Dengan mengkonsumsi buah pir ini akan mendapatkan beberapa manfaat berupa fosfor, kalium, kalsium dan vitamin C.

  • Apel

Buah apel memiliki banyak kandungan gizi yang sangat banyak. Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah apel yaitu kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A dan vitamin C. Dalam memberikan buah apel kepada anak dapat menggunakan cara memotong kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender. Berikan sedikit air agar mudah dalam mendapatkan sari dari buah apel. Berikan jus apel dengan menyaringnya agar memaksimalkan tips mpasi mendapatkan kandungan gizi didalam buah apel.

Be Sociable, Share!
 Tips Mpasi dengan Berbagai Jenis Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *