Tips MPASI yang Paling Aman dan Sehat

Pada saat bayi Anda masuk ke usia 6 bulan, maka sudah saatnya untuk Anda mengenalkan makanan pendukung ASI atau MPASI pada bayi Anda. Makanan ini sangat penting karena dapat membuat proses pencernaan bayi Anda menjadi lebih terlatih dan lebih dapat bekerja dengan bagus. Namun tentu saja untuk dapat mengenalkan beberapa makanan pendukung tersebut maka itu adalah hal yang tidak mudah. Karena tentu saja sebagai bayi, terkadang bayi Anda menolaknya karena tidak pernah memakan makanan tersebut. maka dari itu tips MPASI akan sangat Anda butuhkan. Hal ini akan membantu Anda bagaimana cara mengenalkan jenis makanan pendukung lainnya selain ASI kepada anak Anda. Dengan sabar melakukan tips-tips di bawah ini maka Anda akan menjadi lebih mudah untuk mengajak bayi Anda untuk makan selain ASI.

Karena pada saat ini banyak orang tua yang merasa kesusahan dalam mengenalkan makan lain selain ASI kepada bayi mereka. Maka akan sangat bagus apabila Anda mengetahui bagaimana tips agar Anda lebih mudah melakukan hal tersebut. Beberapa tips tersebut adalah:

  • Mengenalkan makanan kepada bayi

Cara yang pertama adalah Anda harus mengenalkan makanan lain tersebut kepada bayi Anda. Anda dapat memilih untuk makan makanan tersebut agar bayi Anda meniru memakannya atau juga Anda dapat langsung menyuapi bayi Anda dengan makanan tersebut.

  • Memilih makanan yang sesuai dengan berat bayi Anda

Selain itu, tips lainnya adalah Anda harus memilih makanan yang sesuai dengan berat bayi Anda. Ini adalah untuk membuat bayi Anda mempunyai berat badan yang normal. Apabila berat bayi Anda kurang maka Anda dapat memilih makanan yang tinggi akan kalori.

Selain itu, tips MPASI yang lainnya adalah Anda harus perhatikan apakah atau orang tua Anda mempunyai riwayat alergi terhadap makanan tertentu. Apabila ada maka sebaiknya Anda tidak memberikan bayi Anda makanan tersebut untuk sementara waktu. Hal ini di khawatirkan bayi Anda akan menjadi ikut alergi dan akan berakibat kurang bagus untuk bayi Anda.

Selain itu masih ada beberapa tips lagi yang harus lakukan, yakni tips memilih makanan yang bagus. Karena ini adalah kali pertama bayi Anda makan makanan lain selain ASI, maka sebaiknya Anda memilih buah sebagai makanan pendukung tersebut. berikut lebih jelasnya:

  1. Pilih buah yang segar dan manis.
  2. Berikan buah ke bayi saat dua sampai tiga hari berturut-turut.

Tentu saja Anda harus memilih buah yang rasanya manis. Karena dengan ini maka bayi Anda akan menjadi lebih suka dengan buah tersebut. Apabila Anda memberikan buah yang masam maka tentu saja bayi Anda menjadi kurang berselera untuk makan buah tersebut. Selain itu tips MPASI yang lainnya adalah Anda harus memberikan buah tersebut dua sampai tiga kali berturut-turut.

Be Sociable, Share!
 Tips MPASI yang Paling Aman dan Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *