Tips Perawatan Bayi Agar Kulitnya Senantiasa Halus dan Lembut

Menjaga kesehatan dan merawat buah hati menjadi salah satu hal yang paling penting semua orang tua. Karena kehadirannya merupakan buah cinta ayah dan ibu. Banyak ibu yang mengupayakan agar buah hatinya sehat.  Namun ada beberapa gangguan  yang umumnya terjadi, yang paling sering terjadi adalah masalah pada kulit. Namun ibu tidak perlu khawatir karena masalah kulit pada bayi bisa diatasi dengan menjaga kesehatan dan melakukan perawatan bayi yang tepat.

Masalah kulit bayi yang sering terjadi adalah mengalami iritasi. Penyebabnya, karena kulitnya masih sangat sensitif dan rentan terkena bakteri dan jamur. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan yang baik dan benar. Caranya bisa dimulai dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari, seperti cara perawatan sesudah mandi, memilih pakaian yang tepat, memilih produk perawatan yang tepat, dsb.

Memelihara Kulit Bayi Setelah Mandi

Bayi yang masih berusia sebulan dua bulan tidak perlu banyak dimandikan. Cukup dibersihan dengan handuk basah 2-3 kali seminggu. Gunakan sabun yang bisa menjaga kelembapan kulitnya dan hindari yang pedih di mata. Umumnya setelah bayi dimandikan, badan bayi dibedaki. Hal tersebut dilakukan agar tubuhnya tetap hangat. Bagian dada dan perut sebelum ditaburi bedak, oleskan terlebih dahulu dengan minyak telon. Selain menghangatkan, minyak telon dapat mencegah kulit kering. Hindari bedak yang menggunakan bahan dasar tepung jagung karena bisa memicu tumbuhnya jamur. Sedangkan bagian yang sering kering, seperti di alis, lengan dan kulit yang terasa kasar dan mengelupas bisa gunakan cream khusus bayi.

Baca Juga : Tanda-Tanda Perkembangan Janin Terganggu Atau Tidak Berkembang

Perawatan Akibat Masalah Kulit

Masalah kulit yang sering dialami bayi adalah bagian pantat terkena ruam, warna kulit menjadi merah atau kadang lecet. Bila hal tersebut terjadi, hindari penggunaan bedak. Nah, sebagai gantinya bisa gunakan salep khusus sesuai anjuran dokter.

Mencegah ruam akibat popok (diaper rash) adalah dengan sering mengganti popok ketika sudah basah atau terkena tinja. Bersihkan terlebih dahulu dengan tissue atau kapas yang tidak mengandung pewangi atau alkohol. Keringkan dengan cara menekan dan menempelkan tissue atau kapas secara perlahan-lahan. Sebelum menggunakan popok, pastikan kulitnya benar-benar bersih dan kering. Karena kulit bayi masih sangat sensitif, selain memperhatikan perawatan bayi yang tepat perhatikan pula bahan pakaian yang digunakan. Pilih pakaian yang bahannya lembut dan menyerap keringat seperti bahan katun. Perhatikan pula ukurannya, hindari pakaian yang terlalu longgar ataupun terlalu kecil agar bayi bisa bergerak dengan nyaman.Perawatan bayi diperlukan ketelitian dan telaten, terlebih bagi para ibu yang baru pertama kali memiliki bayi. Jika bayi mendapatkan kondisi kulit seperti eksim, alergi disarankan untuk lebih memperhatikan perawatan kulitnya.

Be Sociable, Share!
 Tips Perawatan Bayi Agar Kulitnya Senantiasa Halus dan Lembut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *