Tips Sukses ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja

Bagi setiap ibu, bisa memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya adalah keinginan yang sederhana tetapi sangat bermakna. Tetapi, ini tentu tidak akan mudah bagi ibu yang bekerja. Sejumlah kebijakan seperti waktu cuti yang pendek, kurangnya dukungan dari tempat kerja untuk memerah ASI dan tidak di sediakannya ruangan khusus untuk memerah ASI seringkali membuat ibu bekerja kesulitan memberikan ASI eksklusif untuk bayinya. Karena itu, ibu bekerja perlu trik khusus agar bisa tetap memberikan ASI eksklulif untuk bayinya. Berikut ini dipaparkan sejumlah tips sukses ASI eksklusif bagi ibu bekerja.

Persiapkan Diri

Pada saat masih cuti, sebaiknya berikan kesempatan bagi bayi Anda untuk mendapatkan ASI langsung tanpa botol ataupun alat bantu lainnya. Pada masa ini, Anda juga bisa memerhatikan kebiasaan bayi agar dapat menyusun jadwal pemberian ASI pada saat telah kembali bekerja nantinya.

Setelah Anda kembali bekerja, bayi nantinya akan mendapatkan ASI dari hasil perahan yang telah dilakukan lebih dulu. Penting bagi Anda untuk melakukan relaksasi terlebih dahulu sekitar 10-15 menit sebelum melakukan pemerahan ASI. Ini dilakukan agar ASI yang diperah cukup secara jumlah, serta cukup secara gizi, agar kebutuhan nutrisi bayi Anda tetap terpenuhi.  

Berlatih Memerah ASI

Pemerahan ASI pada ibu menyusui belum tentu bisa langsung berhasil. Karena itu, hendaknya Anda berlatih terlebih dahulu untuk memerah ASI, baik dengan tangan atau alat bantu. Latihan dapat dilakukan sejak dini. Setelah itu, buat jadwal atau kebiasaan kapan harus memerah ASI agar ketersediaan ASI tetap ada meski Anda telah kembali bekerja nantinya.

Baca Juga : Tips Merawat Payudara Ibu Menyusui

Hindari Stres

Ibu bekerja ataupun tidak, sebaiknya hindari stres saat masa memberikan ASI bagi bayi Anda. Stres dapat membuat membuat kuantitas ASI yang Anda berikan tidak maksimal. Selain itu, pastikan juga selalu konsumsi makanan bergizi untuk menunjuang kualitas ASI Anda.

Menyusui Langsung tetap Wajib

Meski Anda punya stok ASI perahan yang ada untuk bayi, saat pulang nanti hendaknya tetap sediakan waktu untuk memberikan ASI secara langsung pada bayi Anda. Dengan cara ini, Anda tetap masih akan bisa menjalin ikatan batin dengan bayi meski sibuk bekerja. Waktu yang tepat untuk memberikan  ASI langsung adalah ketika akan berangkat bekerja, pulang bekerja dan ketika bayi anda akan tidur.

Mempersiapkan Persediaan Asi perah

Memerah ASI dapat dilakukan sebelum berangkat bekerja ataupun saat waktu istirahat. Gunakan waktu ini sebaik-baiknya. Siapkan persediaan ASI yang cukup untuk bayi Anda. Siapkan persediaan ASI di lemari es selama bekerja. Buat jadwal memerah ASI sehingga ketersediaan ASI tetap terpenuhi.

Demikian tadi beberapa tips mempersiapkan ASI eksklusif bagi ibu yang bekerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!
 Tips Sukses ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *