Tips Tepat Memilih Sabun Bayi yang Aman Digunakan

Tips Tepat Memilih Sabun Bayi yang Aman Digunakan

Kulit bayi terkenal sangat sensitif dan juga memerlukan produk yang khusus. Oleh karena itulah peralatan mandi, bedak, dan juga produk lainnya harus menggunakan produk yang memang dikhususkan untuk bayi. Sama halnya dengan sabun bayi yang bisa digunakan untuk membuat badan bayi tetap bersih. Orangtua harus menggunakan sabun yang memang diperuntukkan untuk bayi dan tidak boleh untuk memilih sabun yang sembarangan. Karena apabila salah memilih bisa jadi terjadi hal yang tidak diinginkan seperti iritasi pada kulit bayi. Oleh karena itulah tidak hanya memperhatikan harga sabun dan juga merek sabun yang akan dipilih, tetapi juga sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini agar mendapatkan sabun yang aman digunakan untuk kulit bayi.

 Tips Tepat Memilih Sabun Bayi yang Aman Digunakan

  • Memperhatikan komposisi sabun

Tips pertama untuk memilih sabun yang tepat digunakan untuk bayi adalah dengan memperhatikan komposisi sabun. Ketika orangtua akan memilih sabun untuk bayi maka pastikan untuk memilih komposisi yang aman. Sehingga hal yang harus diperhatikan adalah dengan menghindari sabun yang mengandung bahan kimia yang berbahaya. Seperti bahan peppermint, citrus, formaldehyde, glycols, phenol, dan juga ammonia. Selain itu juga hindari sabun yang menggunakan komposisi betadine kokamidopropoil, propil paraben, dan juga coconut dietanolamida yang merupakan bahan beracun dan dapat berbahaya untuk kulit bayi. 

  • Memperhatikan pH sabun

Tips mudah selanjutnya untuk memilih sabun bayi yang tepat adalah dengan memperhatikan pH sabun. Seperti orangtua bisa untuk memilih sabun dengan pH kulit 5,5 hingga 6,5 yang akan cocok digunakan untuk bayi. Selain itu juga pilih sabun dengan zat warna dan juga parfum yang mempunyai sifat hipoalegenik yang akan sangat bermanfaat untuk tidak membuat kulit bayi menjadi alergi. Dan akan sangat baik untuk orangtua untuk memilih sabun yang tidak menggunakan bahan pewarna yang berbahaya. 

  • Memperhatikan bahan alami

Tips mudah selanjutnya untuk memilih sabun untuk bayi adalah yang menggunakan bahan yang alami. Misalnya saja bahan alami seperti minyak zaitun yang akan dapat untuk membuat kulit lebih lembut. Selain itu juga ada bahan alami seperti lidah buaya yang mempunyai khasiat untuk membuat kulit bayi menjadi halus. Atau vitamin C, vitamin E, dan B5 yang berfungsi untuk menutrisi kulit. Dan terakhir bahan alphabisabolol yang dapat untuk mengurangi iritasi kulit bayi. 

  • Memperhatikan tanggal kadaluarsa

Dan masalah yang penting lainnya yang harus diperhatikan ketika memilih sabun bayi adalah dari tanggal kadaluarsanya. Perhatikan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa para produk bayi sehingga akan aman digunakan. Karena apabila tidak teliti untuk memilih produk bayi terutama sabun dan juga produk yang bersentuhan dengan kulit bayi maka dapat menyebabkan alergi pada kulitnya yang masih sensitif.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan