Tips Tetap Menjalankan Puasa untuk Ibu Menyusui

Tips Tetap Menjalankan Puasa untuk Ibu Menyusui

Ibu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya sehingga biasanya menempatkan bayi para prioritas utamanya. Seperti banyak ibu yang memilih untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya karena mengetahui banyak manfaat yang akan diterima untuk bayi dan juga ibu yang menyusui. Akan tetapi apabila hal tersebut bertepatan dengan bulan ramadhan maka terjadi dilema untuk ibu karena ingin menjalankan puasa tetapi juga ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuk bayinya. Sebenarnya bagi Ibu yang memberikan ASI tetap bisa menjalankan puasa seperti umumnya, sehingga tidak perlu untuk ragu untuk tetap berpuasa walaupun sedang memberikan ASI eksklusif. Dimana untuk beberapa tips yang bisa diperhatikan agar tetap lancar menjalankan puasa ketika memberikan ASI adalah sebagai berikut:

 Tips Tetap Menjalankan Puasa untuk Ibu Menyusui

  • Lakukan konsultasi ke dokter

Tips pertama yang harus diperhatikan ketika akan berpuasa dan memberikan ASI secara bersamaan adalah dengan lebih dahulu berkonsultasi ke dokter. Tanyakan dahulu kepada dokter Anda apakah puasa disarankan atau justru tidak disarankan terlebih dahulu. Sehingga hal tersebut juga akan menentukan pengambilan keputusan karena tidak boleh untuk mengabaikan kebaikan untuk diri sendiri dan bayi untuk menjalankan puasa. Dimana juga ada kelonggaran untuk ibu yang memberikan ASI boleh tidak berpuasa selama bulan ramadhan dan bisa untuk menggantinya di luar jadwal puasa ramadhan. 

  • Memperhatikan usia bayi

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui ketika akan menjalankan puasa selama bulan ramadhan adalah dengan memperhatikan usia bayi. Biasanya dokter akan menyarankan untuk ibu yang memberikan ASI untuk tidak memaksakan terlebih dahulu berpuasa untuk bayinya yang masih berusia di bawah 6 bulan. Oleh karena itulah ibu yang memberikan ASI boleh berpuasa ketika bayinya sudah mempunyai usia lebih dari 6 bulan dan bisa mendapatkan tambahan MPASI. Sedangkan untuk bayi di bawah 6 bulan hanya mempunyai Asi sebagai sumber makanan yang diterimanya. 

  • Menjaga nutrisi makanan

Hal selanjutnya yang penting diperhatikan untuk ibu yang memberikan Asi agar tetap bisa berpuasa adalah dengan menjaga nutrisi. Karena ibu hanya boleh makan ketika sahur dan juga berbuka puasa maka waktu tersebut harus dipergunakan dengan tepat untuk menjaga asupan nutrisi tetap terjaga. Oleh karena itulah pastikan untuk mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang sempurna yaitu karbohidrat, protein, dan juga lemak. Selain itu juga harus diperhatikan untuk minum air yang cukup agar dapat mempunyai ASI yang lancar. 

  • Istirahat yang cukup

Dan tips terakhir ketika ingin menjalankan puasa walaupun sedang menyusui adalah dengan memperhatikan pola tidur. Pastikan ibu mendapatkan tidur yang cukup dan tidak kurang. Bagi Ibu yang sedang memberikan ASI biasanya puasa akan dapat untuk membuat badan terasa berat dan juga merasa lemas. Dan salah satu cara memulihkan kondisi tersebut adalah dengan istirahat cukup.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan