Tips Wajib Bagi Ibu yang Ingin Sukses ASI Eksklusif

ASI adalah makanan utama bagi bayi. Tidak ada yang meragukan kehebatan pemberikan ASI eksklusif pada bayi, terutama pada usia enam bulan pertamanya.  Setelah usia enam bulan, bayi sudah dapat diberikan makanan pendamping atau dikenal dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Agar dapat memenuhi kebutuhan ini, ibu tentu harus mempersiapkan banyak hal. Berikut ini tips wajib bagi ibu yang ingin sukses ASI Eksklusif.

Percaya Diri dan Motivasi Kuat

Kepercayaan diri dan keyakinan diri ibu adalah kunci utama. Ibu harus yakin terlebih dahulu akan bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayinya.

Selain rasa percaya diri, ibu juga butuh adanya motivasi kuat. Hal ini bertujuan untuk memuluskan jalan menuju keinginan bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayi. Anda bisa mencari dan mendapatkan motivasi dari berbagai sumber agar Anda tetap percaya diri dan semakin bersemangat menyusui.

Ayah, “sponsor utama”

Sukses menyusui bukan hanya membutuhkan peran ibu saja, tetapi juga orang-orang di sekitar. Dan salah satu yang paling utama adalah ayah. Sejumlah sumber menyebutkan bahwa dukungan ayah atau suami adalah yang paling diharapkan oleh ibu sebagai penyokong utama sukses menyusui.

Fasilitas Pendukung

Untuk sukses menyusui secara eksklusif, ibu juga harus paham benar pengetahuan dasar soal memberikan ASI. Selain itu, ibu juga harus bisa memanfaatkan fasilitas pendukung di sekitarnya dengan baik.

Diplomasi Jitu

Tantangan pemberikan ASI eksklusif kadang justru berasal dari orang-orang di sekitar Anda. Tidak jarang, mereka memberikan komentar-komentar yang menurut Anda kurang sesuai dengan yang Anda pahami. Jika hal ini terjadi, berikan penjelasan secara diplomatis. Sampaikan apa yang Anda yakini tentang kebaikan ASI, tentu dengan respek terhadap perhatian yang mereka berikan.

Kepedulian Sesama Ibu Menyusui

Faktor pendukung lain suksesnya pemberian ASI eksklusif adalah sesama ibu menyusui. Jadilah pendukung sesama ibu menyusui dengan bertukar tips, pengalaman serta saling memberikan dukungan moral.

Makanan Sehat

Kebutuhan gizi bayi berusia kurang dari enam bulan hanya dipenuhi dari ASI ibu. Karena itu, Ibu harus memastikan jika makanan yang dikonsumsinya benar-benar sehat serta sudah memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan bayi. Sebaiknya hindari makanan dan minuman dengan tambahan zat aditif, karena bisa mengurangi kualitas dan produksi ASI.

Siapkan Tim Sukses

Informasi penting tentang ASI eksklusif juga perlu diketahui suami dan orang-orang sekitar. Hal ini bisa membantu Anda untuk sukses memberikan ASI eksklusif pada bayi. Peran suami sebagai pemberi semangat dan dukungan serta membantu Anda dalam menyuarakan ASI eksklusif pada sekitar sangat penting. Tim sukses inilah yang nantinya juga bisa membantu Anda mengatasi berbagai tantangan pemberikan ASI eksklusif dari orang-orang atau lingkungan sekitar Anda.

 Tips Wajib Bagi Ibu yang Ingin Sukses ASI Eksklusif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *