Tips yang Perlu Orang Tua Ketahui Agar Balita Sehat dan Cerdas

Anak merupakan anugrah yang diberikan oleh Tuhan, maka dari itu orang tua sudah seharusnya menjaga dan bertanggung jawab memperhatikan semua aspek kehidupan anak salah satunya adalah kesehatannya. Memiliki balita sehat dan cerdas adalah dambaan semua orang tua.

Agar balita sehat dan cerdas diperlukan pengetahuan dan persiapan, mulai dari saat mengandung hingga bayi lahir dan bertambah usianya. Ada cara yang bisa Anda lakukan agar anak tumbuh sehat, tidak mudah terkena penyakit dan memiliki otak yang cerdas. Berikut penjelasannya:

Pemberian ASI Eksklusif

Tidak dipungkiri Air Susu Ibu (ASI) memiliki segudang khasiat untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya secara optimal. ASI eksklusif berfungsi meningkatkan imun dan daya tubuh sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit. Selain itu ASI dapat membantu perkembangan otak bayi sehingga ia lebih cerdas dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Agar hasilnya optimal ASI diberikan selama 6 bulan atau sampai bayi berumur 2 tahun.

Gizi dan Nutrisi yang Terpenuhi

Perhatikan asupan makanan si kecil, berilah ia makanan yang mengandung gizi dan bernutrisi tinggi. Selain itu beri makanan yang mengandung vitamin. Ada banyak jenis vitamin yang masing-masing memberikan peran kesehatan. Misalnya:

  • vitamin A membantu mata bayi lebih sehat,
  • Vitamin B kompleks membantu sistem kekebalan tubuh lebih kuat,
  • Vitamin C mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah tubuh terkena infeksi.
  • Vitamin D berperan dalam proses pembentukan tulang dan gigi.
  • Vitamin E membantu proses pembentukan imun tubuh, sehingga bayi tidak mudah terserang penyakit.

Selain vitamin ada beberapa nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh balita, seperti: karbohidrat, protein, zat besi, mineral dan zat lainnya. Semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh semuanya sudah ada pada ASI.  Namun saat bayi menginjak usia 6 bulan biasanya sudah harus diberi makanan tambahan ASI. Makanan tambahan untuk bayi harus memiliki gizi dan nutrisi.

Baca Juga: Perkembangan Anak Usia 24 – 36 Bulan: Kognitif

Permainan Asah Otak

Ada banyak jenis permainan yang bisa Anda berikan untuk anak. Bermain adalah dunia anak karena dengan bermain anak bisa mempelajari berbagai hal disekitarnya. Sebaiknya Anda pilih permainan yang sesuai dengan umur dan kondisinya. Karena kemampuan dan kecerdasan masing-masing anak berbeda beda. Permainan yang sesuai dengan umur dan perkembangannya bisa membantu proses perkembangan selanjutnya.

Musik

Berbagai penelitan menyatakan bahwa musik dapat meningkatkan kemampuan kerja otak kanan dan kiri, sehingga kemampuan otak menjadi seimbang. Jenis musik yang cocok untuk melatih kemampuan otak balita adalah jenis musik klasik.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan agar balita sehat, tidak mudah terkena penyakit dan cerdas. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Be Sociable, Share!
 Tips yang Perlu Orang Tua Ketahui Agar Balita Sehat dan Cerdas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *