Tumbuh Kembang Bayi Saat Usia 6 Bulan

Melihat perkembangannya dari waktu ke waktu merupakan kebahagiaan yang luar biasa. Tumbuh kembang bayi akan mengalami peningkatan seiring bertambah usianya. Lalu seperti apa pertumbuhan dan perkembangan bayi saat ia berusia 6 bulan? Jika ingin tahu jawabannya bisa baca artikel ini hingga tuntas.

Perkembangan Bayi Saat Usia 6 Bulan

Saat bayi sudah berumur 6 bulan akan terlihat perkembangan dan kecerdasannya. Ia sudah berusaha duduk sendiri tanpa dibantu oleh orang lain. pada tahap awal bayi kesulitan untuk melakukannya. Anda bisa melatihnya, karena punggungnya belum cukup kuat. Lama kelamaan bayi mampu duduk sendiri dengan bantuan lengannya sampai akhirnya ia mampu duduk tanpa bantuan topangan lengan.

Tertarik Pada Benda

Bayi mulai tertarik dengan benda di sekelilingnya. Ia akan mengangkat tangannya seolah-olah menginginkan benda tersebut. Jika ia diberi mainan, bayi akan memperhatikan sejenak lalu memasukkannya ke dalam mulut. Jika ia memegang dengan tangan kanan, kemudian ia akan memidahkan ke tangan kirinya.

Berguling-Guling

Tumbuh kembang bayi usia 6 bulan berikutnya adalah ia mampu berguling-guling, namun pada saat ia tidak sedang tidur. Setelah berhasil menggulingkan badannya, tidak semua bayi bisa membalikkan badannya lagi sehingga terus berada di posisi tengkurap. Bayi akan merengek dan menggerak-gerakkan kakinya jika tidak bisa membalikkan badannya dan sudah merasa lelah.

Mulai Merangkak

Saat usia 6 bulan, bayi sudah mulai belajar merangkak. Kemampuannya diawali dengan menggeser badannya saat tengkurap. Untuk melatih kemampuannya sebaiknya jangan terlalu sering digendong atau duduk di stroller.

Kemampuan Berkomunikasi Dan Berbahasa

Bayi usia 6 bulan sudah mulai bisa berceloteh, tertawa dan tersenyum. Ia sudah bisa menyebutkan beberapa kata, seperti: mama, papa, mamam dsb. Jika merasa senang ia akan berteriak dan tertawa. Bayi sudah mampu mengenal benda dan orang-orang disekitarnya. Saat dekat dengan orang yang dikenalnya ia akan merasa nyaman.

Bayi sudah bisa mengkomunikasikan apa yang ia mau tanpa dengan bahasa, misalnya: jika ia ingin digendong, ia akan mengangkat tangannya di hadapan orang yang minta.

Setelah mengetahui tumbuh kembang bayi saat usia 6 bulan di atas, kita bisa mengetahui di usia tersebut bayi benar-benar memperlihatkan peningkatan kemampuannya. Untuk itu penting sekali memperhatikan kesehatan dan asupan makanan tambahan (Mpasi) yang sesuai dengan pertumbuhannya.

 

 Tumbuh Kembang Bayi Saat Usia 6 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *