Ulasan Seputar Gejala yang Ditimbulkan Hingga Cara Mengobati Penyakit Batuk

Batuk merupakan respons alami dari tubuh untuk sistem pertahanan saluran napas bila terdapat gangguan dari luar. Respons ini digunakan untuk membersihkan lendir atau faktor yang menyebabkan iritasi atau bahan iritan agar keluar dari paru-paru. Penyakit ini sebenarnya tidak mengindikasikan penyakit serius dan bisa sembuh dalam waktu 1 hingga 3 minggu sehingga tidak memerlukan pengobatan. Keefektifan dari obat juga belum terbukti sepenuhnya, ramuan buatan sendiri seperti lemon dan madu dapat membantu meringankan penyakit ini.

Jenis-jenis penyakit ini dibedakan menjadi berdahak dan kering. Untuk berdahak dikenal dengan istilah produktif karena disertai dengan peningkatan lendir atau dahak yang berada di tenggorokan. Sedangkan untuk kering sering disebut dengan istilah non produktif karena tidak disertai dengan dahak. Tanda awal kering biasanya seperti rasa gatal di tenggorokan. Penyakit ini biasa terjadi di tahap akhir pilek maupun saat terdapat paparan bahan iritan. Untuk kasus yang disertai dengan dahak, justru membantu karena berfungsi mengeluarkan dahak. Dahak dapat berasal dari tenggorokan, paru-paru dan sinus.

Ada beberapa penyebab batukseperti:

  • Penyakit jangka panjang yang kemudian kambuh seperti penyakit paru-paru, asma hingga bronkitis kronis,
  • Rinitis alergi, seperti alergi pada serbuk sari,
  • GERD. Penyakit ini dikarenakan oleh asam lambung yang berkumpul dan memicu batuk,
  • Cairan yang berasal dari hidung kemudian menetes di tenggorokan,
  • Merokok maupun menggunakan tembakau,
  • Paparan debu serta asap.

 Simak juga beberapa tips untuk mengatasi jika anak terkena penyakit dengan obat herbal. Baca selengkapnya di boxbayi.net

Nantinya, dokter akan menanyakan gejala serta memeriksa kondisi fisik yang Anda alami seperti riwayat medis keluarga dan Anda, hal-hal seperti ini akan ditanyakan saat awal pemeriksaan. Bila tidak yakin dengan penyebab penyakit Anda, dokter akan menganjurkan pemeriksaan yang lebih lanjut seperti pengambilan sampel dahak untuk menentukan ada atau tidaknya infeksi bakteri, rontgen dada untuk memeriksa apakah Anda mengalami infeksi paru-paru atau tidak, hingga spirometri, yakni prosedur menarik serta menghembuskan napas melalui tabung yang terhubung dengan mesin. Langkah ini digunakan untuk memeriksa apakah Anda mempunyai penyakit di saluran pernapasan atau tidak

Untuk batuk ringan tidak memerlukan langkah pengobatan serius. Cukup diatasi dengan obat untuk meredakan rasa gatal atau mengencerkan dahak agar semakin mudah dikeluarkan. Tetapi jika masih berkepanjangan, hal tersebut bisa menandakan infeksi saluran pernapasan yang serius. Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter bila mengalami sakit yang parah serta tidak kunjung reda, sehingga pengobatan lain dapat segera dilakukan. Untuk penyakit ringan memang jarang memerlukan langkah pengobatan tertentu, tetapi segera konsultasikan pada dokter bila Anda mengalami sakit yang lebih dari 3 minggu, bertambah parah hingga disertai darah. Untuk anak-anak, jika penyakit ini berkepanjangan, konsultasikan pada dokter anak, sehingga langkah pengobatan yang terbaik dapat segera dilakukan untuk menanggulangi hal yang tidak diinginkan.

Be Sociable, Share!
 Ulasan Seputar Gejala yang Ditimbulkan Hingga Cara Mengobati Penyakit Batuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *