Ulasan Seputar Penyebab dan Solusi Terlambatnya Bayi Bicara

Ulasan Seputar Penyebab dan Solusi Terlambatnya Bayi Bicara

Tidak sedikit orang tua yang sering mengalami masalah ketika melihat tumbuh kembang anak yang terhambat. Salah satu yang sering terjadi dalah keterlambatan berbicara pada usia yang seharusnya sudah mampu untuk hal itu. Ya, umumnya bayi bicara pada umur 1,5 tahun dengan beberapa kata utama secara konsisten. Misalnya saja seperti mama, papa, bapak, ibu, kaka dan masih banyak lagi lainnya. Nah, barulah usia 2 tahun buah hati Anda mulai merangkai kata dalam bicaranya tersebut secara perlahan.

Ulasan Seputar Penyebab dan Solusi Terlambatnya Bayi Bicara 

Seorang balita yang tergolong terlambat berbicara jika sudah memasuki usia 2 ataupun 3 tahun tetapi belum bisa mengeluarkan suara sama sekali. Secara inteligensi ataupun sosial emosional, anak yang mengalami keterlambatan berbicara itu mempunyai perkembangan yang sama dengan anak normal. Masalah seperti itu hanya terjadi sekitar 5 sampai dengan 10 persen dari anak-anak usia pra sekolah. Lalu apa saja yang memicu munculnya masalah tersebut, antara lain:

  • Pendengaran terhambat.

Masalah yang menjadi pemicu pertama kalinya yaitu karena terhambatnya pendengaran buah hati Anda. Ini sangat mempengaruhi sekali, karena pendengaran yang kurang secara otomatis akan menyebabkan anak kesulitan untuk meniru, menggunakan ataupun memahami gaya bahasa orang lain. Untuk masalah pendengaran sendiri bisa disebabkan karena infeksi telinga ataupun yang lainnya.

  • Perkembangan otak terhambat.

Lalu pemicu yang kedua adalah karena munculnya gangguan pada daerah oral-motor anak didalam otak. Secara otomatis hal tersebut akan menyebabkan anak mengalami kesulitan ketika berbicara dengan menggunakan bibir, lidah, rahang sampai dengan menghasilkan bunyi.

  • Masalah keturunan.

Kemungkinan yang selanjutnya mengenai bayi bicara dalam usia yang terlambat merupakan masalah keturunan. Meskipun memang belum ada penelitian secara resmi dan membuktikan kebenarannya tetapi umumnya bisa berpengaruh dalam riwayat dari keluarga.

  • Minim komunikasi.

Disinilah peran penting kenapa orang tua, khususnya ibu harus lebih aktif mengajak anak berbicara, interaksi dan berkomunikasi. Karena sadar tidak sadar hal itu akan menstimulasi anak untuk dapat memperbanyak kata sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi.

  • Faktor makanan.

Usia 6 bulan saatnya anak mengenal makanan, meskipun dari makanan yang sederhana tetapi ternyata memberikan manfaat yang luar biasa. Ya, cara pemberian ataupun jenis makanan tersebut rupanya bisa mempengaruhi pertumbuhan anak salah satunya dalam hal berbicara.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab utama ataupun pendukung anak yang sulit berbicara meskipun usia sudah siap. Jika memang ketika orang tua sudah mengenal beberapa gejala tersebut, ada baiknya untuk segera lakukan penanganan. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika bayi bicara kurang lancar atau bahkan tidak bisa di usia yang sudah matang. Misalnya saja berkonsultasi kepada dokter, interaksi, menstimulasi dan masih banyak lagi cara yang lainnya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan