Wajar Dan Tidak Wajar Gerakan Bayi Saat Di Dalam Kandungan

Gerakan janin di dalam kandungan harus  diketahui oleh para ibu. Dengan mengetahui gerakan janin, Anda bisa mengetahui kondisi bayi apakah sehat dan aktif atau tidak. Biasanya gerakan bayi mulai terasa saat usia kehamiran 16-20 minggu, seperti: menyikut, memukul, menendang dan gerakan lainnya. Gerakan tersebut akan semakin kuat dan terasa saat usia kandungan memasuki usia 35 minggu.

Pada saat ibu sudah merasakan gerakan janin, disarankan menggunakan pakaian yang longgar. Memasuki usia kehamilan 4 bulan, janin semakin membesar dan wajahnya bisa terlihat jelas. Selain itu penting untuk diketahui oleh ibu hamil berapa sering janin bergerak.

Gerakan Janin Dalam Sehari

Anda harus cermat menghitung berapa kali janin bergerak dalam waktu 12 jam. Karena hal tersebut menentukan apakan kondisi janin di dalam perut sehat atau tidak. Ciri-ciri janin sehat jika ia menggerakkan badannya lebih dari 10 kali. Apabila gerakannya melebihi batas atau kurang sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Penyebab Gerakan Janin Berlebihan

Ada beberapa kemungkinan jika gerakan bayi terlalu aktif, melebihi batas kewajaran. yang Pertama bayi memang hyperactive atau bisa juga karena faktor lain yang memicu janin bergerak, contohnya: jika ibu stress dan gelisah akan berdampak pada gerakan janin, terlalu banyak asupan kafein atau gula, hipoksia janin atau berkurangnya aliran oksigen ke janin atau disebabkan karena insiden plasenta.

  • Penyebab Gerakan Janin Lemah/ Jarang Bergerak

Jika janin tidak ada gerakan sama sekali atau jarang bergerak, Anda harus memeriksakan langsung ke dokter untuk mencari tahu apa penyebabnya dan mengetahui dengan tindakan yang harus dilakukan.  Adapun yang menjadi penyebab janin kurang gerakannya bisa disebabkan karena rutinitas tidur, ibu hamil kekurangan nutrisi, ketuban pecah terlalu dini,placental abruption yaitu kondisi plasenta terlepas dari rahim atau bisa disebabkan karena hipoksia janin

Semakin bertambah usia kehamilan, maka gerakan bayi semakin berkurang karena perut ibu semakin tipis. Karena itu semakin besar kandungan, ibu akan merasakan sakit jika janin melakukan gerakan. TIdak jarang ibu hamil mengalami masalah mual dan sakit/ linu di daerah ulu hati. Hal tersebut normal dialami, untuk mengurangi mual dan sakit caranya mulailah mengelus perut.

Manfaat Gerakan Janin

Ada beberapa manfaat dari gerakan janin di dalam kandungan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tanda janin di dalam perut sehat
  2. Sebagai bentuk  komunikasi antara ibu dengan janin
  3. Menjadi olahraga alami.

Itulah informasi mengenai gerakan bayi yang bisa dijadikan tanda apakah janin di dalam kandungan normal atau tidak. Sudah seharusnya ibu mengetahui dan sigap masalah pergerakan dan perkembangan janin. Pantau terus menerus, apakah ada sesuatu yang kurang wajar. Jika ya, segera periksa ke dokter kandungan.

 Wajar Dan Tidak Wajar Gerakan Bayi Saat Di Dalam Kandungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *