Waktu Paling Tepat untuk Memberi MPASI Bayi

Bayi merupakan makhluk yang menjadi anugerah tak terhingga bagi kedua orang tuanya. Namun para orang tua pun harus mengingat bahwa memiliki bayi juga berarti memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Bayi masih memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga perawatannya pun harus dilakukan secara ekstra. Bagi para orang tua yang belum pernah memiliki bayi sebelumnya perlu membuka literatur atau mendapat pendampingan tentang cara merawat bayi termasuk dalam hal pemberian mpasi bayi yang tepat.

MPASI adalah makanan pendamping ASI yang diberikan pada bayi sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi nya. Seperti diketahui bayi baru lahir tidak bisa mengunyah makanan dan juga memiliki sistem pencernaan yang masih sangat rawan. Oleh karena itu bayi baru lahir hanya boleh diberikan ASI saja sebagai makanannya. Hal ini bisa menimbulkan sedikit masalah bagi ibu bayi yang memproduksi ASI dalam jumlah sedikit. Ketakutan akan kurang tercukupi nya gizi ASI karena hal tersebut membuat dibuatnya susu pengganti yang diformulasikan mirip dengan ASI. Susu pendamping tersebut bisa diberikan bersamaan dengan ASI agar bayi tetap tercukupi kebutuhannya.

Setelah bayi berusia 6 bulan dan ia telah memiliki bobot yang lebih besar maka sudah saatnya bayi diberikan makanan pendamping Asi. Selain dilihat dari faktor usia, ada faktor lain yaitu kemampuan bayi yang bisa dijadikan patokan saat yang tepat untuk memberi mpasi bayi yaitu:

  • Bayi sudah bisa tidur tengkurap dan mengangkat kepala.
  • Bayi sudah mulai memasukkan benda ke dalam mulut.
  • Sudah bisa mengidentifikasi makanannya dengan menunjuk ketika lapar.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat dalam Memberikan Mpasi Bayi?

Pemberian makanan pendamping bayi pun tak bisa sembarangan karena gigi bayi belum tumbuh sempurna begitu pula dengan sistem pencernaannya. Makanan halus seperti bubur beras dan biskuit bayi yang dicairkan akan menjadi pilihan yang paling pas. Namun Anda juga harus memeriksa kandungan gizinya karena makanan bayi hendaknya mengandung kelengkapan gizi yang dibutuhkan bayi secara seimbang. Berikut ini adalah contoh makanan pendamping yang baik untuk bayi dan bisa Anda berikan setelah ditumbuk atau dihaluskan:

  • Beras merah.
  • Brokoli.
  • Hati ayam.
  • Pisang.
  • Pepaya.
  • Bayam.
  • Dsb.

Memberikan mpasi bayi terlalu dini bisa menyebabkan gangguan saluran cerna termasuk memberi faktor resiko alergi yang lebih besar. Namun memberi makanan tambahan terlalu lambat juga bisa mengakibatkan gizi buruk pada bayi yang berujung pada keterlambatan pertumbuhan. Oleh karena itu kenali tanda-tanda bayi Anda membutuhkan makanan pendamping agar tidak terlambat atau terlalu cepat. Perlu diingat bahwa meski sudah diberi makanan padat, namun ASI sebaiknya tetap terus diberikan hingga bayi berusia 2 tahun agar ia memiliki sistem kekebalan tubuh yang maksimal untuk membentuk tubuh yang tidak mudah terkena penyakit.

 

Be Sociable, Share!
 Waktu Paling Tepat untuk Memberi MPASI Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *