Waspada Dampak Buruk Bayi Prematur yang Perlu Dipahami Para Orang Tua Berikut Ini!

Waspada Dampak Buruk Bayi Prematur yang Perlu Dipahami Para Orang Tua Berikut Ini!

Kelahiran seorang bayi merupakan hal yang paling dinantikan dalam kehidupan sepasang suami istri. Tetapi penantian itu bisa saja terbayar dengan sesuatu yang menjadi masalah ketika persalinan, salah satunya adalah ketika buah hati dinyatakan sebagai bayi prematur. Itu merupakan kondisi dimana buah hati Anda sudah lahir tetapi belum masuk waktunya atau bisa dikatakan terlalu cepat. Umumnya bayi dalam kandungan mempunyai usia sampai dengan 37 minggu tetapi jika kurang dari itu sudah lahir bisa dikatakan prematur.

 Waspada Dampak Buruk Bayi Prematur yang Perlu Dipahami Para Orang Tua Berikut Ini!

Pada dasarnya bayi yang lahir secara prematur itu memang sehat tetapi tetap memerlukan perawatan khusus dan intensif dari pihak medis. Jika mendengar memang cukup menyedihkan, ketika bayi keluar dengan bobot uang kurang dari 2kg. Sebagai orang tua tentunya mempunyai kekhawatiran sendiri, apalagi untuk perkembangan kedepannya. Nah, berikut ini ada beberapa dampak yang bisa dirasakan ketika dewasa pada buah hati yang premature yaitu:

  • Fisik terlalu kecil.

Yang pertama adalah pertumbuhan bayi yang lahir belum waktunya berpengaruh pada perkembangan fisik. Ini bisa Anda bedakan dan lihat sendiri secara langsung, tubuh yang berukuran kecil dan sulit berisi. Terhambatnya pertumbuhan tersebut tentu karena memang terhalang dengan usia ketika dalam kandungan. Meskipun kesehatan sama tetapi untuk ukuran berbeda dengan bayi pada normalnya.

  • Kematian dini.

Selain menimbulkan dampak pada kondisi tubuh yang lebih kecil, dampak lain ketika bayi dewasa adalah kesehatan yang kurang stabil. Para ahli mengatakan bayi yang lahir dengan bobot tidak normal akan mempengaruhi kesehatan paru-paru cenderung lebih lemah. Bahkan parahnya bayi prematur juga beresiko besar mengalami masalah gangguan jantung ataupun penyakit berbahaya lainnya hingga kematian.

  • Gangguan perilaku.

Masalah yang dapat timbul selanjutnya adalah keterlambatan perilaku yang ditujukan oleh bayi tersebut. Ya, banyak sekali perbedaan yang muncul seperti bicara bayi yang terlambat, makan yang telat, berjalan dan masih banyak lagi lainnya. Hal itu berkaitan langsung dengan sistem saraf atau otak yang kurang normal.

  • Kurang cerdas.

IQ yang relative rendah sering dialami oleh mereka yang termasuk dalam bayi lahir prematur. Hal itu tentunya akan menjadikan minat belajar anak akan berkurang ketika mereka masuk dalam dunia pendidikan. Bahkan orang tua ataupun guru akan sulit sekali memberikan penjelasan. 

Diatas hanyalah sedikit gambaran yang bisa saja terjadi pada buah hati dengan lahir kurang dari waktu perkiraan. Pada dasarnya semua dampak tersebut tidak selalu dialami oleh bayi prematur dimana saja dan kapan saja. Karena semuanya itu kembali lagi kepada masing-masing orang tua dan pihak medis yang menanganinya secara tepat. Karena tidak sedikit bayi yang lahir dalam kondisi premature tetapi mempunyai masa tumbuh kembang layaknya bayi normal.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan