4 Panduan Mudah Mencuci Dot Bayi Hingga Steril  

Salah satu jenis perlengkapan yang wajib dipersiapkan sedini mungkin untuk menunjang kelahiran buah hati adalah botol susu atau dot bayi, sarana yang satu ini memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang asupan nutrisi bagi mereka. Bagaimana tidak jika seandainya bayi hanya bisa minum secara langsung dengan pemberian asi eksklusif atau dengan mengandalkan botol susu tersebut, dengan bentuk menyerupai putting wanita.

 

Hanya saja karena tergolong sebagai perlengkapan untuk makan, terkadang para bunda juga agak riskan dengan kebersihannya, mengingat tidak bisa dipungkiri jika seandainya kondisi dot yang kotor juga bisa memicu berbagai jenis penyakit berbahaya, apalagi langsung bersinggungan dengan pencernaan mereka. Untuk itu harus selalu terjaga kebersihannya sehingga tidak membuat si kecil mengalami gangguan kesehatan, khususnya masalah pencernaan. Tentunya tidak bisa asal-asalan dalam membersihkan botol bayi tersebut.

Baca juga : Panduan Pemberian Makanan Sehat untuk Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

Berikut ini ada beberapa tips dalam mencuci dot bayi secara tepat agar hasilnya lebih higienis, diantaranya adalah:

 

  1. Gunakan sabun pembersih khusus, tidak semua sabun cuci piring cocok dipakai untuk membersihkan perlengkapan bayi, karena sebagian banyak diantaranya dilengkapi dengan detergen yang memungkinkan zat-zat kimianya tertinggal didalamnya ketika sudah dibilas. Hanya beberapa sabun pencuci piring khusus untuk perlengkapan bayi yang cocok dipakai, sehingga bisa bersih maksimal dan tidak meninggalkan bekas bahan kimia.
  2. Gunakan air hangat untuk merendamnya, sebelum memutuskan untuk mencuci alangkah baiknya merendam menggunakan air hangat terlebih dahulu, fungsinya adalah untuk menghilangkan lemak susu yang menempel pada bagian botol, umumnya lemak susu ini bisa memicu perubahan warna pada botol susu tersebut. Agar bisa hilang sempurna maka harus direndam menggunakan air hangat.
  3. Cuci dengan tepat, langkah pencucian juga harus diperhatikan, sebaiknya hanya menggunakan spons khusus yang dipakai mencuci alat makan mereka, jangan campur dengan spons untuk membersihkan perangkat makanan orang dewasa. Setelah botol direndam kemudian bisa di gosok menggunakan sabun dan spons kemudian bilas hingga bersih.
  4. Lakukan langkah sterilisasi, selesai mencucinya hingga bersih maka jangan melupakan bagian yang satu ini, yaitu menstresilkan botol susu tersebut, bukan hal yang sulit untuk dilakukan, ada beberapa cara mudah, diantaranya adalah dengan merebus dalam air mendidih, kemudian dengan teknik steam atau dikukus di atas panci kukus, maupun dengan cara mengovennya. Langkah yang satu ini bisa dilakukan sebelum mengisinya dengan susu.

 

Mudah bukan, selain bermanfaat untuk menjaga sterilitasnya, fungsi lainnya adalah bermanfaat untuk membuat botol lebih awet atau tahan lama dan tidak berubah warna menjadi putih agak kekuningan. Cara tersebut juga sangat bermanfaat untuk membuat susu tahan lebih lama, karena tidak ada sisa jamur dari dalam dot bayi yang mengkontaminasi susu.

 

Be Sociable, Share!
 4 Panduan Mudah Mencuci Dot Bayi Hingga Steril  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *