4 Penyebab Paling Sering Bayi Muntah yang Belum Banyak Diketahui Orang

4 Penyebab Paling Sering Bayi Muntah yang Belum Banyak Diketahui Orang

Kesehatan bayi merupakan hal utama yang diperhatikan oleh semua orang tua. Sehingga semua orang tua akan bersikap lebih protektif dan kadang berlebihan pada bayinya agar bisa tetap sehat dan tidak terserang penyakit. Tetapi karena bayi mempunyai daya tahan tubuh yang masih sangat rentan terkena penyakit, tidak heran juga bahwa bayi sering mengalami masalah kesehatan. Dan yang paling sering dan membuat khawatir adalah apabila bayi muntahKetika hal tersebut terjadi maka akan membuat orangtua panik. Padahal seharusnya orangtua tidak boleh panik dan tahap utama adalah harus mengenali mengapa bayi mengalami muntah. Dimana untuk beberapa penyebab bayi yang sampai muntah biasanya dikarenakan beberapa hal berikut ini:

4 Penyebab Paling Sering Bayi Muntah yang Belum Banyak Diketahui Orang 

  • Gastroenteritis

Penyebab pertama mengapa bayi mengalami muntah adalah karena gastroenteritis. Gastroenteritis adalah infeksi yang terjadi pada usus karena adanya bakteri dan juga virus yang masuk. Hal ini sendiri biasanya tidak terlalu berbahaya dan akan dapat untuk berhenti dalam waktu 12 hingga 24 jam kedepan. Oleh karena itulah orangtua tidak perlu terlalu panik dan bisa memberikan penanganan dengan tepat ketika bayi mengalami gastroenteritis. Akan tetapi untuk keamanan, orangtua juga harus memeriksakan dahulu ke dokter karena juga ada banyak hal lainnya yang bisa menyebabkan bayi mengalami muntah. 

  • Infeksi lain

Apabila gastroenteritis tidak terlalu berbahaya, berbeda dengan penyebab bayi muntah lainnya yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi. Bayi bisa mengalami infeksi yang lebih parah sehingga tidak hanya menyebabkan muntah tetapi juga biasanya disertai dengan naiknya suhu badan, diare, nafsu makan yang hilang, dan juga mengalami perut yang sakit. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk memastikannya terlebih dahulu ke dokter karena ada banyak penyebab infeksi lainnya yang membuat bayi dapat muntah. Misalnya terjadi infeksi pada saluran kemih, infeksi telinga, infeksi dan radang paru, hingga radang selaput otak. 

  • Masalah menyusui

Penyebab mengapa bayi hingga muntah selanjutnya adalah karena masalah menyusui. Hal ini terjadi tentunya setelah ibu memberikan ASI dan menyebabkan bayi mengalami muntah. Dalam beberapa kasus hal tersebut dikarenakan karena alergi terhadap protein yang ada pada ASI ataupun pada susu formula. Oleh karena itulah untuk mengatasinya cukup mudah dengan memilih susu formula dari bahan yang khusus agar bayi tidak muntah lagi setelah mengkonsumsi susu.

  • Alergi makanan

Dan penyebab yang paling sering menyebabkan bayi muntah yang terakhir adalah karena alergi makanan. Selain alergi susu, bayi juga bisa untuk alergi pada makanan tertentu sehingga akan sangat baik untuk orangtua berhati-hati. Misalnya ketika bayi mengalami muntah, kulit memerah, dan juga gatal-gatal hingga timbul ruam maka sebaiknya segera di periksakan ke dokter dan juga menjauhi makanan yang dapat menyebabkannya alerginya kambuh.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan