4 Strategi Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak di Masa yang Akan Datang

4 Strategi Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak di Masa yang Akan Datang

Setiap orang tua pastinya mengharapkan buah hati mereka bisa sekolah yang tinggi dan juga menggapai cita-cita yang diharapkan bukan, untuk itu persiapkan pendidikan anak setidaknya sudah dimulai sedini mungkin. Apalagi bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya saat ini pendidikan buah hati bukanlah hal yang bisa dikatakan murah, karena semakin lama biaya terkait dengan pendidikan semakin mahal, meskipun pada kenyataannya untuk jenjang SD sampai dengan SMA sudah ditanggung sebagian dana dari pemerintah.

4 Strategi Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak di Masa yang Akan Datang 

Apalagi di masa yang akan datang nantinya Anda juga tidak bisa memprediksi kondisi keuangan kedepannya, sehingga harus mulai dilakukan persiapkan sedini mungkin. Berikut ini diantara beberapa langkah dalam mempersiapkan dana untuk pendidikan anak di masa depan, diantaranya adalah: 

  1. Siapkan tabungan pendidikan, sekarang ini hampir semua lembaga keuangan tawarkan produk yang satu ini, yaitu sebuah tabungan yang dikhususkan untuk kebutuhan pendidikan buah hati di masa yang akan datang, persiapkan bisa dilakukan bahkan ketika buah jati masih di usia bayi, mulai sedikit demi sedikit hingga nantinya bisa digunakan untuk jenjang pendidikan tinggi mereka kedepannya.
  2. Menghitung biaya pendidikan sedini mungkin, faktanya memang setiap tahun biaya untuk pendidikan kian lama kian mengalami peningkatan, untuk itulah mengapa perencanaan harus dilakukan sedini mungkin, dengan menghitung segala macam kebutuhannya, paling tidak nantinya ada gambaran cara untuk menabung atau investasi guna kebutuhan sekolah anak.
  3. Investasikan dana pendidikan mereka, cara terbaik untuk membuat uang tersebut aman, bahkan meningkat jumlahnya bukan dengan ditabung, melainkan dengan cara mengubahnya dalam bentuk lain, seperti dibelikan sebuah aset, contohnya adalah tanah atau sebuah bangunan, tinggal menunggu waktu selama beberapa tahun kedepan saja hingga nantinya produk investasi tersebut siap jual dan nilainya bisa digunakan untuk biaya pendidikan mereka.
  4. Asuransi, lindungi juga diri Anda, karena terkadang kepala keluarga sendiri tak akan pernah tau apa yang terjadi di masa yang akan datang, seperti kematian atau sejenisnya, maka untuk melindungi keluarga yang Anda sayangi cara terbaik adalah dengan mengasuransikan diri atau jiwa. Paling tidak ketika nantinya Anda sudah tidak mampu untuk menanggung beban hidup buah hati, ada asuransi yang tetap bisa mereka pakai.

Gampang-gampang susah memang jika berbicara tentang biaya pendidikan anak, apalagi yang dinamakan sebagai pendidikan adalah kebutuhan penting dan nilainya juga senantiasa meningkat dari waktu ke waktu. Paling tidak persiapan yang sangat penting adalah biaya pendidikan untuk perguruan tinggi, karena dibandingkan dengan jenjang atau tingkat pendidikan lainnya, maka inilah yang paling menguras keuangan, sehingga harus mulai direncanakan bahkan sejak mereka bayi, agar masa depan lebih cerah untuk meraih cita-cita.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan