4 Teknik Terbaik Mengolah Makanan Bayi Agar Nutrisinya Terjaga

4 Teknik Terbaik Mengolah Makanan Bayi Agar Nutrisinya Terjaga

Menyiapkan makanan bayi sendiri sepertinya menjadi pilihan sebagian besar ibu di zaman sekarang karena lebih terjamin sehat dan aman. Meskipun cara ini membuat Anda wajib meluangkan waktu dan tenaga khusus untuk meracik menu makanan yang sesuai usia dan perkembangan buah hati. Selain itu perlu berbelanja bahan makanan segar dari segala jenis untuk memastikan bisa membuat makanan buah hati kapan saja. Keribetan ini tentunya membuat beberapa ibu berlari ke makanan instan yang tersedia di pasaran.

 4 Teknik Terbaik Mengolah Makanan Bayi Agar Nutrisinya Terjaga

Teknik Terbaik Mengolah Makanan untuk Bayi

Makanan instan tetap boleh dan bisa dipilih asalkan nutrisinya memenuhi kebutuhan bayi, dan jika tetap bertahan membuat sendiri. Maka selain memilih bahan makanan dengan teliti juga perlu mengolahnya dengan benar agar nutrisinya tetap utuh. Berikut teknik mengolah makanan untuk buah hati dengan benar:

  • Diolah dengan cara direbus,

Mempertahankan nutrisi suatu bahan makanan paling mudah adalah dengan cara direbus, namun tetap jangan sampai berlebihan atau overcook. Usahakan merebus sayur sebentar saja dan untuk sumber protein bisa lebih lama namun tidak sampai satu jam. Intinya direbus secukupnya sampai agak lunak agar mudah dihaluskan untuk diberikan ke bayi.

  • Diolah dengan cara dikukus,

Opsional lain untuk mempertahankan nutrisi dari makanan bayi yang dibuat adalah dengan cara dikukus. Mengukus memang beda tipis dengan merebus hanya saja tekstur makanan menjadi lebih kering sementara jika direbus cenderung basah dan berair. Cara ini bisa membantu mematangkan dan melunakan tekstur bahan makanan mentah menjadi lebih mudah dihaluskan. Supaya bisa dengan mudah diberikan kepada bayi namun nutrisinya terjaga, apalagi tidak menambahkan minyak yang membuatnya berlemak.

  • Dimatangkan menggunakan microwave,

Bagi ibu yang kebetulan memiliki microwave dan nyaman juga menggunakannya maka bisa dipakai untuk mengolah makanan si kecil. Memanggang bahan makanan memakai microwave terbukti efektif mempertahankan nutrisinya dan bisa matang dengan sempurna. Kualitas rasa dari bahan yang diolah dengan alat ini juga terjaga sehingga baik untuk memperkenalkan rasa makanan satu per satu kepada bayi. Supaya hasilnya maksimal bahan makanan bisa dibungkus dulu dengan alumunium foil sehingga matang sempurna dan kualitas rasa serta nutrisinya terjaga.

  • Dihaluskan memakai blender,

Pemberian buah atau mungkin beberapa jenis sayuran tanpa perlu dipanaskan perlu dihaluskan dulu memakai blender. Seringnya untuk buah yang akan diberikan pada bayi sehingga bisa langsung dicerna oleh tubuh si kecil. Saat memblender buah maupun sayuran usahakan memakai air matang. Khusus untuk sayuran Anda bisa mengganti air biasa dengan air kaldu untuk memberi rasa gurih. Tentunya tidak usah menambahkan perasa sejenis garam ataupun gula dan biarkan rasa alami pada makanan bayi tersebut utuh.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan