5 Cara Meningkatkan IQ Anak yang Penting untuk Dilakukan

5 Cara Meningkatkan IQ Anak yang Penting untuk Dilakukan

Mungkin tidak banyak yang tahu jika memperkuat kemampuan dasar atau basic skill adalah salah satu cara meningkatkan IQ pada anak. Sebagai orang tua, pastikan Anda menjaga pola asuh  dan bangun hubungan emosi dengan anak. Hubungan baik yang terjalin antara orang tua dan buah hati akan membantu meningkatkan IQ anak sehingga di masa depan kemampuan dasar mereka bisa bekerja secara optimal.

5 Cara Meningkatkan IQ Anak yang Penting untuk Dilakukan

Selain itu, masih ada beberapa cara lagi yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan IQ anak. Cara tersebut bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

Berikan Perhatian dan Kasih Sayang

Usaha dalam meningkatkan IQ anak bisa dimulai sejak bayi, yakni dengan memberikan kasih sayang dan pengasuhan yang berkualitas. Tata perilaku orang tua dalam merawat bayi memiliki pengaruh langsung terdapat perilaku dan perkembangan Si Kecil. Bahkan, penelitian mengungkapkan bawa bayi yang mendapatkan kasih sayang serta perhatian penuh dari orang tuanya akan tumbuh menjadi anak dengan daya ingat dan daya tangkap lebih baik. Tentu saja hal ini penting bagi pendidikannya kelak.

Otak anak akan mengalami perkembangan pesat hingga ia berusia 4 tahun. Sebelum memasuki usia tersebut Anda sebagai orang tua harus membantunya dalam menyediakan waktu belajar dan menguasai suatu keterampilan. Walaupun demikian, bukan berarti otak mereka jadi berhenti berkembang di usia empat tahun. Kenyataannya semakin bertambah usia anak, semakin pesat pula perkembangan otak mereka bahkan hingga memasuki usia dewasa. Untuk itu, terus beri mereka perhatian penuh agar mereka bisa merasa nyaman dan proses belajar mereka pun jadi lebih mudah.

Membangun interaksi

Salah satu kunci utama dalam meningkatkan IQ anak adalah membangun ikatan dan hubungan kasih sayang yang erat dengan orang tua kepada anak. Tak hanya itu saja, komunikasi dua arah antara orang tua dan anak juga berpengaruh. Oleh sebab itu, rajinlah mendengarkan cerita anak karena dengan begitu Anda bisa memberikan dorongan dan kesempatan kepada mereka dalam mengekspresikan diri.

Membaca cerita bersama

Salah satu cara untuk membangun ikatan emosional dengan anak adalah dengan rajin membacakan mereka cerita. Lakukan secara bergantian, dengan sesekali biarkan mereka yang membacakan cerita untuk Anda. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan percakapan dan memperkaya kosakata pada anak.

Selalu memuji proses belajar

Penelitian menunjukkan bahwa IQ anak bisa ditingkatkan dengan cara memberikan mereka motivasi. Oleh sebab itu, rajinlah memberikan pujian atas upaya dan kegigihannya dalam memecahkan masalah, misalnya saat mereka berhasil mengerjakan tugas sekolah sehingga membuatnya merasa lebih percaya diri. Hal in bisa membatu mereka dalam melakukan sesuatu yang lebih besar dari kemampuannya.

Menjaga nutrisi

Selain perhatian dan pola didik, nutrisi juga memegang peran penting dalam membangun kecerdasan anak. Banyak bahan makan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk meningkatkan IQ anak, misalnya sayuran, buah-buahan daging dan susu. Namun, yang penting untuk Anda ingat adalah memberikan asupan makanan dengan nutrisi yang seimbang untuk anak.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan