5 Cara Mudah Meningkatkan Produksi Asi Bayi yang Kurang Lancar

asi bayi

Asi menjadi satu-satunya makanan pokok bagi bayi yang baru lahir, hanya mungkin terkadang beberapa kondisi membuat bayi tidak bisa mengkonsumsi asi bunda mereka, seperti diantaranya adalah masalah kesibukan atau memang produksi asi pada ibu tidak lancar sehingga tak bisa menyusui secara langsung. Itulah mengapa mereka kemudian memutuskan untuk memilih susu formula, namun bagaimanapun bentuknya atau merknya, sebenarnya asi bayi memiliki kandungan yang jauh lebih baik atau lengkap dibandingkan dengan produk susu kemasan, apalagi kandungan gizi yang ada di dalamnya juga bisa secara langsung dicerna oleh si kecil.

asi bayi
asi bayi

Jika masalah hanya ada pada produksi asi bunda yang tidak lancar, sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan beberapa cara ini, diantaranya adalah:

  1. Terus menerus menyusui mereka kapanpun buah hati ingin, sebenarnya untuk kelahiran pertama sendiri tubuh memang baru menyesuaikan diri untuk meningkatkan produksi hormon-hormon yang berhubungan dengan produksi asi, sehingga di masa awal masih begitu terbatas jumlahnya, namun dengan dibiasakan untuk terus menyusui maka lama- kelamaan jumlah asi bayi yang dikeluarkan juga kian meningkat.
  2. Pastikan buah hati Anda dapat posisi yang benar ketika menyusui, hal lain yang harus diketahui adalah ketika posisi menyusui salah, maka hal ini juga akan sangat mempengaruhi aliran asi yang bisa keluar. Untuk itu pastikan bahwa posisi saat menyusui sudah benar.
  3. Makan dan minum secukupnya, ingat bahwa kenyataannya konsumsi atau asupan makanan yang masuk kedalam tubuh inilah yang dijadikan sebagai sumber produksi asi, sehingga jika asupan nutrisi saja tidak cukup, maka jumlah asi yang dikeluarkan juga akan berkurang. Untuk itu hindari hal-hal semacam diet pada saat menyusui.
  4. Manfaatkan pompa asi, produk yang satu ini banyak dijual di pasaran untuk kebutuhan merangsang payudara agar lebih mudah dalam memproduksi asi, biasanya sangat berguna bagi yang memiliki payudara kecil, sehingga agak sulit untuk diperah sendiri. Maka bisa menggunakan alat ini untuk membantu dalam merangsang produksi susu.
  5. Istirahat secara cukup da jauhkan diri Anda dari faktor penyebab stress, ingat bahwa kondisi psikis nyatanya juga sangat mempengaruhi jumlah asi yang diproduksi oleh tubuh, untuk itulah ada baiknya mendapatkan istirahat secara cukup, juga hindarkan diri Anda dari hal-hal yang mempengaruhi pikiran hingga berujung pada stress, karena akan mempengaruhi hormon.

Sangat mudah bukan, paling tidak berikan asi bayi hingga usia 1 tahun pertama, nantinya si kecil sudah bisa disapih dan diganti konsumsinya dengan menggunakan produk susu formula, ini sudah cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya, faktanya anak-anak yang mengkonsumsi asi ibu mereka juga bisa mendapatkan perkembangan kecerdasan lebih baik dibandingkan yang mengkonsumsi susu formula.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan