5 Manfaat Metode Perawatan Kanguru Untuk Bayi Prematur

5 Manfaat Metode Perawatan Kanguru Untuk Bayi Prematur

Memiliki anak yang lahir dalam kondisi sehat merupakan harapan setiap orang tua. Sayangnya, tidak semua bayi terlahir dalam kondisi seperti yang diharapkan karena setiap ibu hamil selalu memiliki risiko melahirkan prematur sebesar 15,5%. Seiring dengan kemajuan ilmu medis, kini ditemukan alternative perawatan dalam menangani bayi terlahir dalam keadaan prematur, yakni Kangaroo Mother Care (KMC) atau metode perawatan kanguru. Metode perawatan ini memfokuskan kontak kulit langsung antara bayi prematur dan orang tua.

5 Manfaat Metode Perawatan Kanguru Untuk Bayi Prematur

Metode perawatan KMC ini dilakukan dengan cara membaringkan bayi yang hanya menggunakan popok dan penutup kepada di atas dada ibu atau ayah sang bayi. Setelah itu, bayi kembali diselimuti dan durasi perawatan  metode kanguru dilakukan selama kurang lebih 1-3 jam per sesinya. Umumnya, perawatan bayi prematur menggunakan inkubator. Namun, beberapa penelitian membuktikan jika metode perawatan ini aman untuk dilakukan dan bahkan menariknya lagi dianggap mampu berfungsi selayaknya inkubator sesungguhnya. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan bayi terlahir prematur dengan metode perawatan kanguru, seperti berikut ini.

Meningkatkan suhu tubuh

Dalam beberapa penelitian menujukkan bahwa tubuh ibu mampu menyesuaikan suhu tubuh yang dibutuhkan bayi prematur. Ketika bayi merasa kedinginan, maka secara otomatis suhu tubuh ibu akan naik dan menghangatkan bayi. Bahkan seorang ahli kandungan mengungkapkan bahwa fungsi tubuh alami pada ibu jauh lebih bermanfaat untuk mengendalikan suhu tubuh si bayi.

Kenaikan berat badan yang lebih cepat

Kenaikan berat badan yang cenderung cepat pada bayi prematur juga menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari metode perawatan kanguru. Dengan kondisi ini, maka sang bayi bisa memiliki kualitas tidur yang baik dan energinya pun dapat tersalurkan dalam memperbaiki fungsi tubuh secara menyeluruh. Selain itu, kenaikan berat badan juga bisa mempercepat pemulihan kondisi bayi.

Bayi tidur lebih nyenyak

Dengan perawatan metode kanguru ini, bayi prematur bisa mengalami gangguan tidur terbukti bisa membuat bayi lebih jarang terbangun mendadak ketika tidur. Sehingga, manfaat metode perawatan ini juga bisa meningkatkan kualitas tidur bayi yang lebih nyenyak.

Sistem pernapasan dan jantung jadi lebih sehat

Metode kanguru ini bisa mengatasi gangguan sistem pernapasan pada bayi prematur sehingga membuat bisa lebih cepat pulih. Bahkan jika bekerja efektif, maka alat bantu pernapasan bisa dilepas lebih dini. Penelitan lainnya juga menunjukkan bahwa detak jantung bayi yang terlahir prematur jadi lebih stabil dengan menggunakan metode perawatan ini.

Bayi lebih banyak menyusui

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari metode perawatan kanguru ini adalah bayi terlahir prematur bisa menyusu lebih banyak setelah dilakukan kontak kulit selama lebih 50 menit lamanya. Posisi bayi yang ditempelkan pada dada ibu bisa memudahkan bayi dalam menyusu. Apalagi peran ASI begitu penting karena mampu menurunkan risiko infeksi dan gangguan pencernaan pada kondisi bayi.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan