5 Perlengkapan Penting yang Harus Dibawa Saat Mengikuti Posyandu Anak

5 Perlengkapan Penting yang Harus Dibawa Saat Mengikuti Posyandu Anak

Bayi yang masih berusia 0 hingga 12 bulan menjadi masa yang paling rentan bagi mereka untuk terjangkit beragam jenis penyakit berbahaya, itulah mengapa harus dilakukan berbagai macam bentuk pencegahan, diantaranya adalah mulai dengan imunisasi, kemudian juga menjaga kondisi kebersihan rumah dan tak kalah penting adalah mengikuti pos layanan terpadu atau yang lebih dikenal dengan istilah posyandu, mungkin banyak yang sudah tak asing dengan hal yang satu ini bukan.

 5 Perlengkapan Penting yang Harus Dibawa Saat Mengikuti Posyandu Anak

Sebenarnya pos layanan terpadu sendiri merupakan sebuah bentuk kerjasama antara dokter atau bidan dengan ibu-ibu PKK untuk tujuan yang baik, yaitu melayani kesehatan atau melakukan pemeriksaan rutin kondisi bayi hingga anak-anak dengan cara pemberian imunisasi, kemudian juga melihat perkembangan mereka dengan menimbang hingga mengukur tinggi badannya secara teratur. Kegiatan yang satu ini normalnya memang dilakukan 1 bulan sekali atau ada juga yang rutin 2 minggu sekali, tergantung kebijakan setiap desa.

Sebelum datang ke acara posyandu ini hendaknya para ibu juga harus membawa beberapa macam perlengkapan penting, diantaranya adalah:

  1. Gendongan, karena nantinya kegiatan tersebut berlangsung cukup lama dan harus mengantri atau bergantian, itulah mengapa para ibu harus mempersiapkan keberadaan gendongan, takutnya nanti buah hati rewel atau ingin tidur. Lebih praktis menggunakan gendongan ini, karena nantinya Anda tak perlu kesusahan saat membopongnya.
  2. Buku KIA, ini adalah buku yang biasanya diberikan oleh bidan ketika sudah memasuki masa kehamilan, fungsinya adalah sebagai panduan perawatan selama kehamilan dan sampai buah hati memasuki usia anak-anak. Pada buku ini umumnya juga akan diberikan tabel perkembangan berat badan hingga tinggi anak yang akan diukur secara rutin setiap jadwal pengukurannya.
  3. Susu formula, karena takutnya si kecil ingin minum nantinya, jika buah hati biasanya mengkonsumsi asi, maka siapkan asi perah saja dibandingkan dengan susu formula.
  4. Tas bayi, karena memang ada beragam jenis perlengkapan buah hati yang nantinya akan dibawa, maka akan jauh lebih praktis jika dimasukkan kedalam tas, seperti diantaranya adalah buku KIA, kemudian juga ada botol susu, tisu basah, dompet dan masih banyak lagi, lebih aman jika seandainya membawa sebuah tas.
  5. Kupluk bayi, karena kondisinya terkadang tidak begitu sejuk, melainkan agak panas, maka siapkan hal yang penting ini untuk dikenakan buah hati, sehingga menghindarkan mereka dari rasa panas sinar matahari.

Banyak ragamnya dan pastikan semua sudah siap untuk kemudian mengajak si kecil ke posyandu, hendaknya kegiatan yang satu ini juga dilakukan secara teratur, jangan sampai melewatkannya, karena setiap jadwal ada kegiatan berbeda-beda, misalnya saja imunisasi, jika Anda melewatkan jadwal ini, maka harus mengikuti susulannya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan