Agar ASI Bayi Selalu Memiliki Kualitas yang Baik, Lakukanlah Hal Ini!

Menyusui merupakan suatu kewajiban oleh seorang ibu yang sudah memiliki anak dan yang baru melahirkan. Makanan para bayi memang berbeda dengan makanan orang dewasa pada umumnya. Mereka masih memiliki pencernaan yang masih lemah dan rentan akan terkena penyakit dan masalah-masalah yang dapat mengganggu serta membuat mereka merasa tidak nyaman. Untuk itu, sang ibu harus memberikan susu yang memiliki kualitas terbaik dan dapat memenuhi kebutuhan si kecil. Susu yang paling baik memang adalah ASI, yaitu yang diproduksi sendiri oleh sang ibu. Dikatakan paling baik karena mengandung hal yang mereka butuhkan untuk tumbuh kembang yang baik jika dibanding dengan jenis susu formula lainnya, serta dapat juga membuat hubungan sang ibu dan anak menjadi lebih dekat. Namun, ketika akan memberikan ASI bayi, Anda harus memperhatikan bahkan melakukan beberapa hal agar hasil yang diberikan pada bayi dapat lebih baik dan lebih bermanfaat untuk mereka. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan agar kualitasnya menjadi baik.

Agar ASI Bayi Selalu Memiliki Kualitas yang Baik, Lakukanlah Hal Ini!

  • Teknik yang Benar

Cara pertama agar Anda selalu dapat memberikan ASI yang paling baik untuk sang buah hati adalah mengetahui beberapa teknik menyusui yang benar. Posisi menyusui serta teknik yang digunakan untuk memberikan mereka susu nyatanya dapat mempengaruhi kualitas dari susu tersebut dan juga pengalaman mereka semakin baik. Waktu yang disarankan untuk pemberian ASI tersebut adalah jika sudah berselang dua jam lamanya setelah pemberian terakhir. Serta, perlu Anda ingat untuk memberikannya secara bergantian, yaitu bagian kiri dan kanan. 

  • Tidak Stress

Jika sang ibu sedang mengalami stress, maka hal tersebut dapat membuat ASI bayi menjadi kurang baik kualitasnya dan juga semakin sedikit yang dikeluarkan. Ketika sedang menyusui, ada baiknya untuk Anda selalu membuat diri Anda senyaman mungkin. Hal itu dikarenakan ketika merasa rileks, maka hormone oksitosin dalam tubuh dapat merangsang banyaknya ASI yang diproduksi. Akan lebih baik untuk menghindari berpikiran negatif, terlalu cemas, dan jangan suka marah-marah ketika sedang dalam tahap menyusui.

  • Makan Makanan yang Bergizi

Bukan hal aneh lagi jika makanan yang bergizi dapat memberikan berbagai dampak positif untuk tubuh Anda, salah satunya adalah ketika sedang dalam masa menyusui. Semakin sering Anda mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan, maka tubuh Anda akan semakin sehat dan ASI yang diproduksi akan semakin banyak dan memiliki kualitas yang sangat baik. 

  • Memijat Punggung

Jika Anda merasa ASI bayi yang Anda keluarkan sedikit dan kualitasnya kurang, maka Anda bisa meminta sang suami untuk memijit punggung Anda. Pijitan tersebut nyatanya dapat berguna untuk mengeluarkan hormon oksitosin. Semakin meningkatnya hormon tersebut, maka akan semakin banyak pula jumlah ASI yang bisa Anda produksi dan akan semakin lancar. Pijat punggung sang ibu dengan menggunakan ibu jari saja.

Be Sociable, Share!
 Agar ASI Bayi Selalu Memiliki Kualitas yang Baik, Lakukanlah Hal Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *