Agar Bayi Prematur Bisa Tetap Sehat, Berikan 4 Perawatan Ini!

Beberapa orangtua mendapatkan kepercayaan untuk mengasuh bayi prematur yakni bayi yang lahir lebih cepat dibanding HPL (hari perkiraan lahir). Kehadiran bayi yang lahir secara prematur tentu disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga pasangan perlu mengetahui faktor ini jauh sebelum masa persalinan tiba. Tujuannya tentu saja untuk menghindari resiko buah hati lahir secara prematur, sebab bayi yang lahir lebih cepat cenderung memiliki berat badan yang kurang. Kondisi ini membuat bayi rentan sakit dan berumur pendek.

 

Kiat Merawat Bayi Lahir Prematur

 

Namun dengan perawatan yang tepat bayi yang terlahir secara prematur bisa senantiasa sehat dan tumbuh secara normal. Adapun kiat merawatnya antara lain:

 

Lakukan metode kanguru,

Metode kanguru bertujuan membuat bayi yang lahir lebih cepat bisa merasa lebih hangat karena memang lapisan lemak di dalam tubuhnya sangat sedikit. Sehingga mudah sekali kedinginan dan menimbulkan komplikasi pada organ vitalnya. Maka masukan buah hati ke dalam kaos yang Anda pakai agar tetap hangat karena menempel pada kulit Anda secara langsung.

 

Usahakan memberikan ASI,

ASI menjadi makanan terbaik untuk bayi prematur agar bisa tumbuh dengan baik selayaknya bayi yang lahir genap bulan. Kandungan ASI yang tidak hanya mengandung nutrisi berlimpah namun juga antibodi membantu meningkatkan kekebalan alami tubuh bayi. Sayangnya karena Anda melahirkan lebih cepat seringkali bermasalah dengan ASI yang tidak keluar atau keluar dalam jumlah sedikit. Namun jangan putus asa sebab bisa dipompa sekitar 6-8 kali sehari untuk merangsang produksi ASI agar lebih banyak dan mencukupi kebutuhan tubuh bayi Anda.

 

Mencegah kemungkinan bayi terinfeksi,

Bayi yang lahir prematur juga cenderung lebih mudah terkena infeksi karena kekebalan alami tubuhnya belum sebagus bayi yang lahir genap bulan. Merawatnya tentu lebih membutuhkan perhatian khusus agar tidak mencelakakan keselamatan bayi Anda. Selain memberikan ASI dan melakukan metode kanguru penting pula untuk menjaga kebersihan diri sebelum memegang si kecil. Selalu sediakan alkohol pembersih tangan di kamar bayi atau mencuci tangan sebelum menyentuh si kecil. Tindakan ini memperkecil kemungkinan bayi terinfeksi virus, bakteri, dan kuman yang menempel di tangan Anda.

 

Memperhatikan aktifitas tidur bayi,

Secara alami bayi yang baru lahir akan menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur, dan ini berdampak baik bagi tumbuh kembangnya. Uniknya pada bayi yang lahir prematur akan memiliki waktu tidur lebih panjang. Selama tidur baiknya Anda memperhatikan posisinya, karena sangat dianjurkan bayi tidur dalam posisi terlentang. Tujuannya adalah untuk mencegah bayi mengalami kematian mendadak atau SIDS dan membantu proses tumbuh kembangnya. Kalau Anda memiliki bayi prematur baiknya tidak usah panik karena perawatannya memang tidak terlalu sulit meski lebih istimewa.

 Agar Bayi Prematur Bisa Tetap Sehat, Berikan 4 Perawatan Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *