Amankah Popok Bayi yang Digunakan Buah Hati Anda Saat ini?

Amankah Popok Bayi yang Digunakan Buah Hati Anda Saat ini?

Pada zaman yang serba modern ini sudah banyak orangtua yang beralih ke popok sekali pakai. Banyak orangtua yang sudah tidak tertarik dengan popok kain dan lebih memilih popok sekali pakai dengan alasan praktis dan nyaman digunakan. Hal ini sesungguhnya tidak salah, namun ada baiknya Anda mengetahui kandungan yang terdapat pada popok bayi sekali pakai. Agar Anda mengetahui seberapa aman popok yang dikenakan oleh si kecil.

Amankah Popok Bayi yang Digunakan Buah Hati Anda Saat ini?

Lapisan Luar dan Lapisan Dalam Popok

Popok bayi biasanya memiliki lapisan luar yang terbuat dari bahan film polietilena ataupun dari bahan bioplastik. Sedangkan untuk bagian dalamnya terbuat dari polipropilena yang dipercaya cukup aman saat menyentuh kulit bayi. Kedua bahan utama penyusun popok ini dipastikan cukup aman sehingga orangtua tidak perlu merasa khawatir. Terlebih sudah ada beberapa brand yang mengeluarkan popok dengan tambahan vitamin E dan juga ekstrak lidah buaya yang dikenal cukup aman bagi kulit. Kedua bahan tersebut sering ditemukan pada krim yang biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya ruam popok.

Bagian Inti Penyerap

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagian inti penyerap popok. Dikarenakan biasanya bagian ini terbuat dari bahan pulp kayu yang ditambahkan dengan pemutih serta penyerap polimer. Pemutih yang terkandung dalam pulp kayu harus mendapatkan perhatian khusus, Anda harus mencermati bahan tersebut terbuat dari bahan pemutih yang aman ataupun yang berbahaya. Karena senyawa dioksin yang sering digunakan untuk memutihkan kayu terindikasi dapat menyebabkan kanker pada manusia. Meski demikian senyawa dioksin yang terkandung pada popok bayi dipercaya tidak akan memicu atau tidak akan menyebabkan kanker dikarenakan jumlahnya yang sangat sedikit.       

Penyerap polimer yang umumnya digunakan terbuat dari natrium poliakrilat. Bahan ini akan memungkinkan penyerapan urine hingga mencapai 30 kali. Walaupun sebenarnya bahan ini tidak beracun dan tidak dapat menimbulkan iritasi kulit namun sebenarnya natrium poliakrilat dapat mempengaruhi sistem pernapasan apabila partikelnya terhirup. Sehingga Anda harus memastikan bahwa sang buah hati tidak akan menghirup partikel tersebut.

Pewarna dan Parfum

Bahan pewarna yang terkandung dalam popok bayi sebenarnya hanya berada di bagian luar popok yaitu pada karakter kartun. Karakter kartun ini biasanya terdapat di sisi luar untuk memperindah tampilan popok. Beberapa pewarna yang biasa digunakan seperti Disperse Blue 124, Disperse Blue 106 ataupun Disperse Orange. Pewarna tersebut sebenarnya cukup aman digunakan namun terkadang ada beberapa bayi yang alergi dengan bahan pewarna tertentu.

Popok sekali pakai biasanya mengandung bahan pewangi yang memiliki aroma segar. Bahan pewangi ini sebenarnya tidak dapat mengiritasi kulit kecuali kulit sensitif pada bayi. Sebaiknya Anda dapat memilih popok dengan bahan yang bebas dari lateks, pewangi maupun bahan pewarna.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan