Apakah Anak Terlambat Bicara? Berikut Perkembangannya Sesuai dengan Usia

Apakah Anak Terlambat Bicara? Berikut Perkembangannya Sesuai dengan Usia

Anak adalah sebuah keajaiban yang selalu dinantikan oleh setiap orang tua. Keberadaan seorang anak di dalam keluarga pasti akan membuat keluarga tersebut menjadi lengkap dan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan setiap harinya. Mengajari Anak dengan pelajaran yang baik, akan membuat perkembangan pada anak tersebut berkembang secara baik pula. Namun, bagaimana jika anak sudah mengalami usia yang cukup dewasa untuk bisa bicara tetapi anak tersebut malah belum bisa bicara? Tentu hal tersebut akan membuat orang tua khawatir dan menjadi masalah untuk kedepannya. Maka, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan yang tepat bagi anak agar bisa menanggulangi  anak terlambat bicara.

Apakah Anak Terlambat Bicara? Berikut Perkembangannya Sesuai dengan Usia

  • Usia 3 bulan

Pada usia 3 bulan, seorang bayi sudah mulai untuk mengeluarkan bahasa yang abstrak dan tidak beraturan, bahasa ini biasa disebut dengan “bahasa bayi”. Pada tahap ini pula bayi sudah mulai mengenali dan mengamati suara dan juga wajah orang tuanya. Pada masa ini juga bayi akan sering menangis jika kebutuhannya tidak terpenuhi. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus jeli dan peka terhadap setiap tangisan yang bayi lakukan.

  • Usia 6 Bulan

Bayi sudah akan mengeluarkan suara yang lebih jelas suku katanya seperti da-da-da atau la-la-la meskipun masih belum memiliki arti. Respons terhadap suara juga akan lebih sensitif seperti ketika namanya disebut, bayi akan menoleh ke sumber suara. Bayi juga sudah bisa mengekspresikan perasaannya melalui sura yang ia buta seperti saat senang ataupun sedih.

  • Usia 9 bulan

Cakupan nada suara bayi pada umur ini akan lebih luas. Dia juga sudah mulai mengenali beberapa kata dasar seperti ‘ya’ atau ‘tidak’.

  • Usia 12 bulan

Bayi sudah bisa untuk mengenali beberapa objek seperti sepatu, boneka, atau botol susu. Dia juga sudah mahir mengucapkan kata seperti ‘ayah’, ‘mama’, dan sebagainya. Bayi pada usia ini juga sudah bisa untuk memahami beberapa perintah yang Anda keluarkan seperti “ayo kemari”.

  • Usia18 bulan

Bayii akan sering mengulang kata-kata yang Anda ucapkan, dan sudah bisa untuk menunjuk objek yang Anda sebutkan. Ada beberapa kata yang masih belum bisa fasih bayi ucapkan pada usia ini, semisal kata “makan” menjadi :mam:. Hal ini wajar terjadi. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika anak terlambat bicara.

  • Usia 24 bulan

Pada usia ini bayi sudah bisa mulai berkomunikasi memakai dua suku kata seperti, “mau susu”. Kosakata yang ia kuasai juga bertambah menjadi sekitar 50 suku kata.

  • Usia 3-5 tahun

Pada usia inilah perkembangan bicara seorang anak akan berkembang dengan pesat. Ia sudah mulai mengerti perintah dengan kalimat dan kosakatanya pun akan mudah bertambah sesuai komunikasi yang ia lakukan. Usia ini vital agar tidak terjadi anak terlambat bicara.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan