Asi Eksklusif Sangat Baik bagi Bayi dan Ibu Menyusui

manfaat asi eksklusif bagi ibu dan anak

Air susu ibu atau asi eksklusif diberikan kepada bayi, yaitu sejak bayi lahir hingga umurnya 6 bulan. Yang dimaksud asi eksklusif adalah asi yang diberikan kepada bayi sampai usia 6 bulan tanpa ada tambahan makanan atau minuman, seperti susu formula. Asi ini benar-benar merupakan satu-satunya sumber makanan bagi bayi.

Namun, di samping gencarnya gerakan memberikan asi eksklusif, sebagian atau mungkin banyak ibu menyusui yang mengalami kesulitan dalam memproduksi asi dalam jumlah yang banyak. Jika Anda salah satunya, cobalah atasi masalah itu dengan cara mengonsumsi makanan tertentu yang berfungsi sebagai salah satu cara memperbanyak asi. Beberapa makanan yang dapat memperbanyak asi dapat dilihat di https://review.bukalapak.com/mom/biar-asi-banyak-ini-5-makanan-pelancar-asi-yang-wajib-dikonsumsi-18790.

Pemberian asi tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi bayi, tetapi juga dapat bermanfaat bagi ibu menyusui. Melalui tulisan inilah akan dijelaskan mengenai 13 manfaat dari pemberian asi, baik manfaat bagi bayi maupun bagi sang ibu.

Manfaat Asi Eksklusif Bagi Bayi & Ibu

Sistem Kekebalan Bayi Lebih Kuat

Selain sebagai sumber utama makanan bagi bayi, pemberian asi eksklusif juga ternyata dapat membuat kekebalan tubuh bayi menjadi lebih kuat. Di dalam asi terkadnung zat antibodi yang berguna untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan virus atau bakteri yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh bayi. Oleh sebab itu, bayi yang diberi asi memiliki risiko kecil terserang berbagai penyakit, seperti diare, asma, alergi, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, konstipasi, sindrom kematian mendadak, dan meningitis.

Mencerdaskan Bayi

Jika Anda ingin memiliki anak cerdas, berilah dia asi eksklusif. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak dalam asi yang memiliki peran penting dalam mencerdaskan otak bayi.

Bayi Memiliki Berat Badan Ideal

Menurut para ahli, asi lebih sedikit merangsang produksi insulin daripada susu formula. Hormon insulin sendiri merupakan pemicu terjadinya pembentukan lemak penyebab obesitas. Selain itu, bayi yang diberi asi juga memiliki kadar leptin yang lebih tinggi. Leptin merupakan hormon yang dapat menimbulkan rasa kenyang dan berperan dalam metabolisme lemak.

Tulang Bayi Lebih Kuat

Pemberian asi eksklusif juga dapat menunjang pertumbuhan tulang bayi agar lebih kuat, khususnya tulang pada leher dan tulang belakang.

Bayi Mendapat Limpahan Kolesterol

Kolesterol memang merupakan asupan yang tidak baik bagi orang dewasa, tapi berbeda halnya dengan bayi. Bayi membutuhkan asupan kolesterol yang dapat menunjang tumbuh kembang bayi. Asupan kolesterol ini dapat bayi peroleh dari asi.

Mengurangi Risiko Sindrom Kematiaan Bayi Mendadak

Pemberian asi secara eksklusif juga dapat mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak yang sering terjadi pada usia bayi.

Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Ketika memberikan asi eksklusif, kulit bayi akan bersentuhan langsung dengan kulit ibu. Selain itu, bayi juga akan sering bertatapan dengan ibu sehingga hubungan antara keduanya menjadi lebih erat.

Tubuh Ibu Cepat Langsing

Setelah melahirkan biasanya tubuh sang ibu masih terlihat gemuk. Tidak perlu khawatir, karena dengan menyusui, Anda dapat membakar kalori pada tubuh sehingga dapat mengurangi berat badan lebih cepat.

Alat KB Alami

Saat Anda menyusui, proses pembuahan sel telur atau ovulasi juga akan terhambat sehingga kehamilan akan ditunda dan Anda bisa menyusui sang buah hati lebih leluasa.

Mngurangi Stres

Ketika Anda menyusui juga akan merangsang produksi hormon oksitoksin sehingga membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

Mengurangi Perdarahan

Keluarnya hormon oksitoksin yang diproduksi saat menyusui juga dapat membantu rahim berkontraksi sehingga dapat mengurangi risiko perdarahan akibat persalinan.

Terhindar dari Risiko Terkena Kanker Menurun

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat mencegah Anda terkena kanker payudara dan ovarium. Semakin lama Anda menyusui, semakin terhindar pula terkena penyakit tersebut.

Hemat Uang

Manfaat terakhir dari memberikan asi secara eksklusif adalah dapat menghemat biaya, khususnya biaya pengeluaran untuk membeli susu formula yang harganya semakin lama semakin mahal.

Perlu Anda perhatikan, selama menyusui, jagalah selalu pola makan dan asupan makan yang masuk dalam tubuh. Karena, jika Anda sembarangan memilih asupan makanan dapat memengaruhi kualitas asi yang akan berimbas pula pada kesehatan bayi.

Sumber Gambar

wishingbaby.com

momdadi.com

Tinggalkan Balasan