Awasi Tanda-Tanda Masalah Pada Penglihatan Bayi dan Inilah Langkah-langkah yang Haus Diambil Oleh Orang Tua

Awasi Tanda-Tanda Masalah Pada Penglihatan Bayi dan Inilah Langkah-langkah yang Haus Diambil Oleh Orang Tua

Bayi belajar melihat selama beberapa waktu, seperti mereka belajar berjalan dan berbicara. Mereka tidak dilahirkan dengan semua kemampuan visual yang mereka butuhkan dalam hidup. Kemampuan untuk memfokuskan mata mereka, memindahkannya secara akurat, dan menggunakannya bersama-sama sebagai sebuah tim harus dipelajari. Selain itu, mereka perlu belajar bagaimana menggunakan informasi visual yang dikirimkan oleh mata ke otak mereka untuk memahami penglihatan bayi pada dunia yang ada di sekitar mereka dan berinteraksi dengannya dengan tepat.

 Awasi Tanda-Tanda Masalah Pada Penglihatan Bayi dan Inilah Langkah-langkah yang Haus Diambil Oleh Orang Tua

Sejak lahir, bayi mulai menjelajahi keajaiban di dunia dengan mata mereka. Bahkan sebelum mereka belajar untuk meraih dengan tangan mereka atau merangkak dan duduk, mata mereka memberikan informasi dan stimulasi yang penting untuk perkembangan mereka. Mata yang sehat dan visi yang baik memainkan peran penting dalam bagaimana bayi dan anak-anak belajar untuk melihat. Masalah mata dan penglihatan pada bayi dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan. Penting untuk mendeteksi masalah apa pun sejak dini untuk memastikan bayi memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan visual yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan belajar.

Orang tua memainkan peran penting dalam membantu meyakinkan mata dan penglihatan anak mereka dapat berkembang dengan baik. Langkah-langkah yang harus diambil oleh orang tua mana pun termasuk:

  • Mengawasi tanda-tanda masalah pada penglihatan bayi.

Mencari perawatan mata profesional dimulai dengan penilaian visi komprehensif pertama pada usia sekitar 6 bulan, hal ini akan membantu anak mereka mengembangkan penglihatannya dengan terlibat dalam kegiatan yang sesuai usia.

  • Langkah-langkah dalam pengembangan bayi.

Saat lahir, bayi tidak dapat melihat, mata dan sistem visual mereka tidak sepenuhnya dikembangkan. Tetapi peningkatan yang signifikan terjadi selama beberapa bulan pertama kehidupan.

Penting untuk diingat bahwa tidak setiap anak adalah sama dan beberapa dapat mencapai tonggak tertentu pada usia yang berbeda. Saat lahir, penglihatan ini dipenuhi dengan semua jenis rangsangan visual. Meskipun mereka mungkin terlihat serius pada target yang sangat kontras, bayi belum mengembangkan kemampuan untuk dengan mudah membedakan antara dua target atau memindahkan mata mereka di antara dua gambar. Fokus utama mereka adalah pada objek 8 hingga 10 inci dari wajah mereka atau jarak ke wajah orang tua.

Selama bulan-bulan pertama kehidupan, penglihatan bayi mulai bekerja bersama dan visi dengan cepat membaik. Koordinasi mata-tangan mulai berkembang saat bayi mulai melacak objek bergerak dengan matanya dan meraihnya. Hingga delapan minggu, bayi mulai lebih mudah memusatkan mata pada wajah orang tua atau orang lain di dekat mereka. Selama dua bulan pertama kehidupan, mata bayi tidak terkoordinasi dengan baik dan mungkin tampak berkeliaran atau disilangkan. Ini biasanya normal. Namun, jika mata tampak berputar masuk atau keluar terus-menerus, evaluasi dibenarkan.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan