Banyak Faktor Mengapa Bayi Bicara Terlambat yang Harus Anda Pahami

Banyak Faktor Mengapa Bayi Bicara Terlambat yang Harus Anda Pahami

Bagi orang tua, pertumbuhan buah hati adalah hal utama yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Apalagi jika masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Tak jarang jika buah hati Anda mengalami keterlambatan dalam berbicara, maka orangtua akan merasa khawatir. Namun sebenarnya Anda dapat memahami gejala ini serta menentukan sikap dalam mengatasi keterlambatan bayi bicara.

Banyak Faktor Mengapa Bayi Bicara Terlambat yang Harus Anda Pahami

Patokan Kemampuan Berbicara dari Usia Anak

Banyak faktor yang membuat bayi terlambat bicara, bisa karena memang belum waktunya atau karena bayi masih sulit menirukan bahasa yang kompleks dari lingkungan ia tumbuh. Apalagi kemampuan yang dimiliki tiap anak memanglah berbeda. Namun secara teori ada yang bisa Anda jadikan sebagai tolok ukur. Tolok ukur ini adalah sebagai cara Anda mengetahui kemampuan buah hati Anda terlambat atau tidak.

3 Bulan

Bayi bicara mulai dengan suara saja yang tidak memiliki arti atau yang umum disebut sebagai bahasa bayi. Ia mulai mengenali wajah dan suara orang-orang di sekitarnya. Bayi juga sudah mampu menangis sesuai dengan kebutuhannya.

6 Bulan

Pada usia ini, bayi mulai mengeluarkan suara berbeda dan lebih jelas dari pengucapan suku kata meskipun sebenarnya tidak ada arti khusus. Pada akhir usia ini, ia bisa mengekspresikan kondisinya baik saat senang, sedih, fokus pada suatu hal, dan sudah bisa menoleh untuk mencari suara orang tuanya.

9 Bulan

Bayi bicara dengan lebih jelas seperti dengan menunjukkan kata dasar ya dan tidak serta memiliki nada suara yang luas.

12 Bulan

Ia telah mampu memanggil Anda dengan sebutan baik mama atau papa. Bahkan ia sudah mulai bisa menirukan kata yang Anda ucapkan.

18 Bulan

Ia mampu mengulangi kata yang Anda ucapkan serta sudah mampu menunjuk benda atau bagian tubuh dan menyebutkannya. Beberapa kata dasar sudah bisa ia sebutkan hanya saja masih kurang jelas pelafalannya.

24 Bulan

Ia sudah mampu mengucapkan 50 kata dan mampu berkomunikasi dengan 2 kosa kata.

3-5 Tahun

Kemampuan berbahasa anak sudah berkembang cepat dan mulai memahami instruksi. Tak hanya itu ia sudah bisa berbicara dengan kalimat yang lebih panjang.

Stimulasi Anak untuk Berbicara

Sebagai orang tua, jika buah hati menunjukkan pertumbuhan yang berbeda dengan teman seusianya maka Anda harus cepat tanggap. Berikut cara yang bisa Anda tempuh, antara lain:

  • Anda bisa mengikuti suara yang terucap dari si buah hati. Anda bisa menanyakan kembali dan mengulangi kata tersebut meskipun sebenarnya tidak begitu memahaminya.
  • Saat berkomunikasi dengan buah hati, lakukanlah dengan gerakan aktif dan lebih ekspresif termasuk untuk mengajarinya mengenal benda-benda tertentu.
  • Kemampuan bayi bicara berbeda dengan orang dewasa. Namun sebaiknya Anda melakukannya seperti yang seharusnya agar ia menirukan dan belajar berbicara dengan jelas.
  • Anda bisa memberikan reward berupa pujian saat buah hati mampu mengucapkan kata tertentu. Hal ini agar ia lebih termotivasi lagi dalam belajar.
  • Sebaiknya Anda berinteraksi dengan si kecil layaknya teman seusianya. Cara ini untuk mengembangkan kemampuan verbal anak.
Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan