Begini Cara Mengenali Trisomy 13 Dari Awal

Begini Cara Mengenali Trisomy 13 Dari Awal

Trisomy 13 merupakan sindrom patau yang mana hal ini merupakan kelainan genetik serius yang mana hal ini dapat terjadi karena terbentuknya salinan untuk tambahan kromosom yang ke 13 di dalam seluruh atau sebagian tubuh. Sedangkan di dalam kondisi tubuh bayi yang normal, maka akan memiliki 23 kromosom yang akan membawa gen dari orang tuanya. Akan tetapi untuk kasus trisomi ini pun juga memiliki salinan yang sangatlah ekstra, oleh sebab itulah jumlahnya akan menjadi tiga dan bukan menjadi dua.

Begini Cara Mengenali Trisomy 13 Dari Awal

Sedangkan untuk bayi yang menderita ini pun juga akan mengalami pada perlambatan tumbuh dan kembang sang bayi sejak berada di dalam kandungan. Untuk bayi yang menderita penyakit ini pun juga akan menjadikan bayi terlahir dengan berat badan yang jauh lebih rendah dari berat badan bayi yang normal atau pada umumnya, bahkan juga akan mengalami gangguan kesehatan serius yang lainnya. Agar tidak mengalami hal yang semacam ini, maka ada baiknya jika orang tua haruslah mengetahui gejala-gejalanya terlebih dahulu.

 

Berikut ini ada beberapa gejala dari trisomy 13 yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu sebagai berikut ini:

 

  • Memiliki ukuran mata pada satu maupun kedua matanya yang jauh lebih kecil dari ukuran normalnya.
  • Mengalami bibir sumbing.
  • Memiliki jari kaki dan jari tangan yang berlebih.
  • Kulit kepala tidak terlapisi oleh kulit serta usus juga akan berada di luar perut.
  • Berkurangnya pada jarak normal diantara kedua mata serta organ yang lainnya.
  • Kelainan akan mengalami perkembangan pada saluran di bagian hidung.
  • Kelainan akan berbentuk telinga serta tuli.

 

Sedangkan beberapa penyebab dari trisomy ini pun juga harus Anda ketahui dengan baik, yaitu sebagai berikut ini:

Baca Juga : Mengulas Trisomy 13, Penyakit Langka dan Berbahaya yang Menyerang Bayi Akhir-akhir Ini!

  • Penyakit ini tidak disebabkan karena genetik atau keturunan, akan tetapi hal ini disebabkan secara acak pada saat pembuahan sel telur.
  • Adanya kelainan baru yang timbul pada saat adanya proses pembelahan sel-sel sehingga hal ini dapat menyebabkan pasangan kromosom yang ke 13 mempunyai kelainan ekstra yang seharusnya 2 kromosom namun menjadi kromosom 3.
  • Dapat juga disebabkan karena usia sang ibu pada saat hamil.
  • Penyebab dari penyakit ini pun juga dapat untuk menimbulkan kematian pada buah hati Anda.

 

Dari beberapa gejala serta penyebab dari Trisomy 13 inilah yang dapat menjadikan diri Anda haruslah memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin agar Anda tidak mengalami hal buruk semacam ini, bahkan dari banyaknya gejala yang ada di atas maka Anda dapat untuk mengantisipasinya terlebih dahulu serta jangan lupa untuk selalu memeriksa kesehatan Anda dan janin selama hamil, hal ini adalah hal wajib yang haruslah Anda lakukan agar sang ibu dan janin selalu terjaga dengan baik.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan