Begini Cara Mengobati Perut Kembung pada Bayi

 

Perut kembung yang terjadi pada bayi sangat rawan membuat bayi merasa kurang nyaman sehingga membuatnya menjadi rewel dan sering menangis. Kondisi perut kembung ini merupakan hal yang sering terjadi dan wajar adanya pada bayi baru lahir hingga berusia 3 bulan. Hal ini dikarenakan fungsi saluran pencernaannya belum berfungsi maksimal. Sebagai orangtua, kita juga harus mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Sebelum kita mengobati perut kembung pada bayi, kita terlebih dahulu harus mengetahui tanda tandanya dan penyebabnya.

Mengatasi-Perut-Kembung-Pada-Bayi.jpg (750×525)

Tanda Perut Kembung

Perut kembung terjadi karena adanya penumpukan gas atau udara yang berlebihan pada saluran cerna. Sebenarnya kehadiran gas ini wajar, namun jika berlebihan lah yang menimbulkan masalah. Pada orang dewasa, gas tersebut bisa dikeluarkan dengan mudah melalui sendawa atau buang angin. Namun pada bayi, hal ini bukan perkara mudah dan tidak jarang memerlukan bantuan orang dewasa untuk mengeluarkan kelebihan gas tersebut.

Tanda yang paling sering terjadi saat perut bayi terasa kembung adalah bayi menjadi rewel dan menangis tanpa ada alasan yang jelas. Nah, jika ini terjadi, ada baiknya Anda memeriksa perut bayi. Perut bayi yang kembung ditandai dengan suara yang agak keras jika diketuk lembut dan bayi beberapa kali akan buang angin.

Selain itu, coba perhatikan gerakan dari bayi. Apakah bayi akan sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang? Jika iya, bisa jadi bayi merasakan tidak nyaman akibat perut kembung. Tidak itu saja, kadang bayi yang kembung akan cenderung mengangkat kedua kakinya.

Penyebab Perut Kembung

Perut bayi jadi kembung bisa karena beberapa penyebab, berikut beberapa di antaranya

Makanan

Baik makanan yang dikonsumsi ibu maupun yang dikonsumsi bayi memberikan kontribusi terhadap permasalahan perut yang dialami bayi. Jika bayi masih meminum ASI eksklusif, besar kemungkinan penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Saat menyusui, sebaiknya Anda menghindari makan terlalu banyak makanan yang menimbulkan gas dalam pencernaan seperti umbi umbian. Namun jika bayi sudah mulai masuk fase MPASI, bisa jadi penyebab perut kembungnya berasal dari makanan yang dikonsumsinya itu. Salah satunya adalah sayuran. Sayuran memang baik namun dapat menyebabkan kembung.

Dot

Tidak hanya pemberian susu formula yang menggunakan dot, bisa jadi pemberian ASI pun juga menggunakan media dot bayi. Nah, dot bayi ini juga berpotensi menimbulkan kembung jika Anda tidak cermat memilih. Ujung yang terlalu besar menyebabkan udara bisa ikut tertelan saat bayi minum susu. Hal ini lah yang membuat kembung dan sakit perut.

Penyebab-dan-Cara-Mengatasi-Perut-Kembung-Pada-Bayi.jpg (1000×668)

Cara Mengobati Perut Kembung pada Bayi

Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain dengan meletakkan bayi telentang, kemudian menggerakkan kaki bayi seperti mengendarai sepeda. Hal ini diyakini dapat membantu mengeluarkan gas. Selain itu bisa juga dengan memijat lembut perut bayi dengan gerakan memutar. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan bayi tengkurap pada pangkuan Anda kemudian usap punggungnya.

Sedangkan cara preventif agar terhindar dari permasalahan perut kembung ini adalah dengan menyusui bayi dengan posisi agak tegak, sehingga susu bisa masuk ke dalam pencernaan dengan lancar. Kemudian juga beri susu sebelum bayi merasa lapar. Hal ini agar bayi tidak mengalami perut kembung karena masuk angin. Saat bayi menangis kelaparan, ada kecenderungan bayi menelan angin saat minum susu.

Referensi: https://review.bukalapak.com/mom/dear-ibu-ini-dia-7-cara-mudah-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-29128

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan