Berbahayakah Jika Bayi Mendengkur Setiap Tertidur?

Berbahayakah Jika Bayi Mendengkur Setiap Tertidur?

Memiliki buah hati menjadi salah satu hal membahagiakan yang tidak bisa ditandingi oleh apapun. Para orangtua akan merasa lega dan nyaman saat melihat buah hatinya merasa senang. Segala hal yang ada pada anak khususnya di usia bayi akan sangat diperhatikan mulai dari asupan makanan, pendidikan pada anak hingga kualitas tidur yang harus terjaga dengan baik. Ketika melihat anak yang sedang tidur, para orangtua akan merasa senang. Namun hal tersebut akan menjadi sebuah kekhawatiran tatkala anak Anda mendengkur. Apakah kondisi bayi mendengkur menandakan adanya masalah kesehatan yang serius? mari kita simak penjelasannya sebagai berikut.

Berbahayakah Jika Bayi Mendengkur Setiap Tertidur?

Normal atau Tidak Jika Bayi Anda Mendengkur ?

Sebagai orang tua, saat bayi mendengkur tentunya akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi Anda. Namun hal ini adalah kondisi yang wajar ketika jalan napasnya mengalami gangguan sehingga jaringan di tenggorokan mengalami getaran. Hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa 1 dari 10 bayi akan mengalami hal tersebut. Selain mendengkur, bayi Anda mungkin saja mengeluarkan suara lain seperti dengusan. Kondisi ini disebabkan oleh tersumbatnya daerah hidung. Meskipun kedua hal ini menjadi kondisi yang wajar, para orangtua harus tetap teliti dan waspada karena memungkinkan menjadi petunjuk yang mengarah pada penyakit yang serius.

Penyebab Mendengkur dan Solusinya

Anda harus memperhatikan frekuensi bayi dalam mendengkur dan mendengus dalam batasan yang wajar. Namun jika bayi mendengkur dan mendengus secara terus-menerus dan tidak mereda seiring bertambahnya usia, maka ada kemungkinan adanya gangguan kesehatan seperti:

  1. Infeksi Adenoid atau Amandel
  2. Asma
  3. Apnea tidur obstruktif
  4. Pilek dan ngiler
  5. Hidung Tersumbat
  6. Kelainan Neuromuskular dan Penyakit Genetik

Mengatasi Dengkuran Bayi dengan Cara Sederhana

Ketika bayi mendengkur, orangtua dapat melakukan perawatan sendiri di rumah sebagai langkah langkah untuk meredakan dengkuran tersebut, caranya yaitu:

  • Penggunaan humidifier saat udara kering

Humidifier akan membantu ruangan kamar tidur bayi dalam keadaan nyaman dan bersih.

  • Posisi tidur yang tepat dan nyaman

Bagi orang dewasa, posisi terbaik saat tidur adalah menyamping, sedangkan untuk para baik posisi terbaiknya adalah terlentang. Mendengkur dapat dicegah dengan menjaga posisi bayi agar tetap terlentang. Berikan penahan atau bantal di samping bayi Anda sehingga posisinya tidak akan berubah. Disarankan juga memiringkan kepala secara bergantian agar oksigen yang masuk tidak terhalang.

  • Hindarkan bayi dari penyebab alergi

Anda harus menciptakan ruang tidur yang nyaman dan bersih serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah alergi pada bayi seperti pilek yang dapat mengganggu pernapasan.

Waktu yang Tepat untuk Periksa ke Dokter

Setelah mengetahui penyebab bayi mendengkur, maka waktu yang tepat untuk memeriksakan buah hati ke dokter yakni saat:

  1. Bayi merasa susah tidur khususnya di malam hari
  2. Napas yang tidak teratur
  3. Selalu mendengkur saat tidur dan tidak mereda
  4. Suara dengkuran terdengar nyaring atau keras
Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan