Berikut 4 Cara Sederhana Menghadapi Anak Terlambat Bicara

Berikut 4 Cara Sederhana Menghadapi Anak Terlambat Bicara

Salah satu tahapan yang terbilang penting dalam masa tumbuh kembang anak adalah meningkatnya kemampuan berbicara. Hanya saja dalam beberapa kasus ditemukan anak terlambat bicara yang ternyata bisa disebabkan oleh banyak hal. Keterlambatan anak dalam berbicara bisa disebabkan karena adanya keterlambatan mental, gangguan pendengaran, sampai pola asuh yang salah. Jika umumnya anak sudah mulai menunjukan kemampuannya dalam berbicara di usia 12 bulan maka anak yang mengalami masalah dalam berbicara akan membutuhkan waktu lebih lama.

Berikut 4 Cara Sederhana Menghadapi Anak Terlambat Bicara

Mengatasi Anak yang Terlambat Bicara

Orangtua biasanya mudah panik ketika mendapati buah hatinya terlambat untuk berbicara, agar kemampuan ini berkembang baik. Anda dan pasangan bisa melakukan beberapa hal sederhana namun efektif berikut ini:

  • Mendengarkan lagu anak untuk buah hati,

Pada dasarnya anak-anak cenderung menyukai musik dan lagu maka untuk merangsang kemampuannya dalam berbicara. Anda bisa menyetel lagu anak-anak dengan kata-kata yang mudah ditirukan sehingga anak tidak hanya tertarik mendengarkan alunan musiknya. Melainkan juga mencoba mengulang kata-kata di dalam lagu yang sering didengarkan tersebut. Pilihan lagu anak yang baik untuk tujuan ini ada banyak seperti balonku, topi saya bundar, dan pelangi.

  • Membacakan dongeng atau cerita anak,

Bagi orangtua yang menghadapi masalah anak terlambat bicara tentu baiknya tidak panik sebab semua masalah bisa terselesaikan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah membiasakan membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur. Lewat kegiatan ini anak akan berimajinasi dan mulai mendengar sekaligus menambah berbagai kosakata baru. Opsional lain adalah mengajak si kecil untuk ikut membaca buku anak-anak, sehingga mereka bisa belajar berbicara.

  • Memperkenalkan bahasa isyarat,

Komunikasi dengan anak memakai bahasa isyarat juga sangat dianjurkan untuk orangtua yang kebetulan memiliki anak yang terlambat berbicara. Komunikasi bahasa isyarat ini adalah komunikasi yang melibatkan bahasa tubuh dan juga gerak bibir. Misalnya ingin mengajak anak tenang cukup meletakan jari telunjuk di bibir Anda, maka mereka dengan mudah akan paham. Berdasarkan sebuah penelitian, saat bayi diajarkan bahasa isyarat maka kemampuan berbicaranya lebih baik dan lebih cepat dibandingkan yang tidak diperkenalkan dengan media komunikasi manual ini.

  • Terus mengajak anak berkomunikasi,

Salah satu penyebab anak mengalami keterlambatan berbicara adalah pola asuh yang keliru, dan bisa jadi karena orangtua jarang mengajak si kecil mengobrol. Minimnya waktu karena terforsir oleh kesibukan kerja dan bisnis membuat waktu berbicara dengan anak semakin langka. Jika kondisi anak menunjukan keterlambatan bicara baiknya cobalah untuk setiap hari meluangkan waktu mengobrol dengannya. Anak yang diajak mengobrol secara teratur akan mampu merangsang kemampuannya dalam berbicara. Cara ini tentu patut dicoba untuk menghadapi anak terlambat bicara.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan