Berikut 4 Tips Merawat Bayi Kembar Seorang Diri dengan Nyaman

Berikut 4 Tips Merawat Bayi Kembar Seorang Diri dengan Nyaman

Beberapa dari Anda memiliki tanggung jawab merawat bayi kembar yang tentu memberikan pengalaman yang lebih unik. Meskipun di mata masyarakat memiliki anak kembar merupakan pemandangan langka dan menyenangkan. Namun bagi orangtuanya tentu selain senang bisa sekalian mendapatkan dua sampai empat anak dalam satu kali kehamilan. Juga memiliki tantangan dalam merawat anak-anak mereka yang tentu umurnya sama dengan kebutuhan yang sama. Beberapa orangtua bahkan sepakat mengambil baby sitter sehingga terbantu untuk merawat si kecil dengan baik.

Berikut 4 Tips Merawat Bayi Kembar Seorang Diri dengan Nyaman

Tips Merawat Anak Kembar Seorang Diri

Namun tidak semua orangtua memiliki kesempatan tersebut bisa pula karena tidak nyaman menyerahkan perawatan anak ke orang asing. Tatkala memutuskan merawat anak kembar sendirian maka perhatikan beberapa tips di bawah ini:

  • Usahakan ditidurkan bersamaan,

Memiliki buah hati yang kembar membuat orangtua super sibuk maka disarankan untuk menidurkan anak-anak secara bersamaan. Sehingga setelah mereka tertidur lelap Anda punya kesempatan untuk istirahat atau mengurus pekerjaan rumah seperti mencuci atau menyapu rumah. Jika tidurnya tidak berbarengan maka biasanya akan merepotkan Anda, satu tidur satu terbangun dan sebaliknya sehingga pekerjaan mengurus bayi tidak ada habisnya.

  • Mandikan secara bergantian,

Berbeda dengan teknik menidurkan bayi kembar, ketika dimandikan Anda malah disarankan untuk melakukannya bergantian. Jadi jangan sampai memandikan berbarengan karena dijamin repot dan tentunya berbahaya kecuali suami turun tangan. Pastikan memandikan salah satu dulu, setelah selesai mandi dan di pakaikan baju yang bersih baru kemudian berganti ke kembarannya. Melalui cara ini tidak hanya membantu ibu memandingkan dengan nyaman melainkan juga memastikan mandinya anak-anak bersih maksimal karena bisa fokus.

  • Menyusui dengan benar,

Kegiatan yang cukup dilematis saat merawat balita kembar bagi kebanyakan orangtua adalah saat menyusui. Ibu memiliki dua payudara, jika anak kembar yang dimiliki dua maka bisa disusui bersamaan di kanan dan kiri. Jika tidak nyaman atau mungkin anak satunya belum merasa lapar maka bisa disusui bergantian. Apabila ingin tetap memberikan ASI secara kontinyu hingga anak menginjak umur 2 tahun ibu bisa memompa ASI dan menyimpannya di kulkas. Pemberiannya memang lewat dot atau botol, namun kebutuhan ASI bayi Anda terpenuhi.

  • Memilihkan baju yang tepat,

Kebanyakan orangtua yang memiliki buah hati terlahir kembar memilih memakaikan baju yang warna maupun modelnya sama. Memang akan nampak lucu dan menggemaskan, namun tentu tidak mudah mendapatkan baju yang kembar dari baru lahir sampai mereka besar. Tidak menjadi patokan harus di pakaikan baju yang sama, Anda bebas memilih memberi baju yang sama atau berbeda. Namun pastikan bahannya nyaman karena efektif menyerap keringat dan model baju bayi kembar Anda juga aman, dalam artian tidak ribet.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan