Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI Bayi

Memberikan ASI pada bayi merupakan impian dari semua ibu. Dimana hal tersebut mempunyai banyak keuntungan yang bisa didapatkan baik untuk ibu atau juga untuk bayinya. Banyak keuntungan yang akan bisa didapatkan ketika memberikan ASI adalah dapat untuk meningkatkan hubungan antara anak dan ibu, dapat bermanfaat untuk kecerdasan dan kesehatan tumbuh kembang bayi, dan juga dapat sebagai cara diet yang efektif agar bentuk badan ibu yang baru melahirkan akan lebih cepat ke bentuk awal tanpa harus diet. Berbagai manfaat tersebut yang membuat ibu ingin memberikan ASI bayi secara eksklusif selama 6 bulan hingga 2 tahun dengan MPASI.

Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI Bayi

Akan tetapi biasanya ada beberapa halangan yang menyebabkan ibu tidak bisa untuk mencapai harapannya tersebut. Seperti karena ASI yang sulit keluar ketika akan menyusui ataupun produksi ASInya yang kurang. Sehingga hal tersebut akan sangat untuk mengganggu bagi ibu yang ingin memberikan ASI eksklusif dan juga nutrisi yang terbaik untuk bayinya. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Pertama tentunya dengan mengetahui hal yang menyebabkan mengapa ASI sulit keluar. Sehingga hal tersebut akan efektif juga untuk dapat mengurangi kondisi ASI yang sulit keluar. 

Adapun beberapa hal yang menyebabkan ASI bayi sulit keluar adalah sebagai berikut ini:

  • Faktor pertama adalah karena asupan gizi yang kurang terpenuhi. Oleh karena itulah ASI yang diproduksi oleh ibu yang akan menyusui ini kurang maksimal.
  • Faktor penyebab selanjutnya karena kesehatan ibu sendiri yang kurang prima. Hal tersebut merupakan faktor hormonal yang akan menyebabkan ASI sulit untuk keluar.
  • Selanjutnya adalah karena kondisi emosional ibu yang kurang stabil yang juga akan mengganggu hormon untuk memproduksi ASI. Kondisi seperti marah, sedih, gelisah, dan juga beberapa perasaan lainnya dapat untuk membuat ASI susah keluar.
  • Dan faktor terakhir adalah karena ibu mengalami kelelahan sehingga menyebabkan ASI susah keluar.

Dengan mengetahui penyebab ASI yang susah keluar tersebut, maka Anda bisa untuk melakukan beberapa upaya untuk dapat meningkatkan produksi ASI. Sehingga akan lancar untuk memberikan ASI pada bayi. Misalnya cara efektif yang pertama adalah tetap memberikan ASI sesering mungkin. Karena hal tersebut akan merangsang produksi ASI sehingga akan bisa meningkat.

Selanjutnya untuk meningkatkan produksi ASI bayi adalah dengan bergantian memberikan ASI dari payudara sebelah kiri dan kanan. Berikan juga pijatan pada bagian payudara Anda yang dapat untuk membantu memperbanyak produksi ASI. Selain itu juga bisa merangsang keluarnya ASI menggunakan pompa yang banyak disediakan di pasaran sehingga akan mendapatkan jumlah yang cukup untuk bayi. Dan cara terakhir adalah dengan berusaha tidak stress dan merilekskan pikiran sehingga akan dapat membantu memperlancar produksi ASI apabila tidak ada gangguan hormon karena stress yang dialami.

Be Sociable, Share!
 Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *